Home / Warga Padang Timur Mendapat Pembinaan Pengembangan Lele Dumber

Berita & Artikel - Berita 2022

Warga Padang Timur Mendapat Pembinaan Pengembangan Lele Dumber

Warga Padang Timur Mendapat Pembinaan Pengembangan Lele Dumber

Padang,--- Sebanyak 50 kepala keluarga warga Kampung Edukasi ECO Enzym mendapatkan pembinaan cara membudidayakan lele di dalam ember atau yang dikenal dengan istilah lele dumber 

Camat Padang Timur Siska Meilani menjelaskan, kegiatan ini merupakan pengembangan dari Kampung Tematik yang ada di Kecamatan Padang Timur.

"Ini merupakan bagian atau rangkaian dari program pembangunan ekonomi masyarakat melalui Kampung Tematik, khususnya di bidang peternakan," ujar Siska di ruang kerjanya, Senin (27/06/2022).

Siska menjelaskan dipilihnya budi daya lele dumber, karena selain perawatannya mudah, kegiatan ini juga tidak membutuhkan kolam ataupun tanah yang luas.

Menurut Siska, saat ini Kampung Tematik ECO Enzym telah memiliki berbagai unit usaha yang melibatkan masyarakat secara aktif, mulai dari Bank Sampah, aneka kerajinan dari botol maupun sampah plastik, pembuatan ECO Enzym dari sampah organik hingga budi daya magot

" Sampah organik seperti sisa makanan, buah-buahan maupun sayuran diolah menjadi Eco enzym yang berguna sebagai penyubur tanaman, sebagian lagi kita jadikan pakan untuk budi daya magot, sementara magot-magot yang sudah besar akan kita jadikan sebagai pakan bagi lele dumber tersebut," lanjut Siska.

Pengembangan Kampung Tematik ini menurut Siska memang bertujuan untuk menambah pemasukan guna menunjang peningkatan ekonomi masyarakat, dimana rata-rata warga yang ada di Kpung Tematik tersebut merupakan masyarakat berpenghasilan rendah.

"Jadi selain dapat berperan aktif menciptakan lingkungan yang bersih dengan pengelolaan sampah berbasis masyarakat, kita juga ikut membantu mendorong peningkatan taraf hidup warga melalui Kampung Tematik," kata Siska. (**RA/Irwan Rais)

 

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0