Home / Wakapolda Sumbar Buka Bimtek dan Sidang Uji Konsekuensi Informasi Publik

Berita & Artikel - Berita 2022

Wakapolda Sumbar Buka Bimtek dan Sidang Uji Konsekuensi Informasi Publik

Wakapolda Sumbar Buka Bimtek dan Sidang Uji Konsekuensi Informasi Publik

Padang--  Divhumas Polri dan Bidang humas Polda Sumbar mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis dan Pengujian Konsekuensi di Hotel Kryad Bumi Minang, Rabu (09/02/2022).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh  Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sumatera Barat Brigjen Pol Edi Mardianto, S.H, S.I.K , merupakan upaya pemenuhan amanat undang-undang Nomor 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik, bahwa setiap badan publik wajib menyediakan informasi sesuai dengan kriteria yang ada

Kegiatan itu diikuti oleh para Kasi Humas Polres sejajaran dan Pengemban fungsi PPID Satker  Polda Sumbar dengan tim penguji konsekuensi Div Humas Polri yang diketuai oleh Kabag Anev Ro PID Div Humas Polri Kombes Pol Drs. Sugeng Hadi Sutrisno. 

Dalam amanat Kapolda Sumbar yang dibacakan oleh Wakapolda, bidang Humas Polda Sumbar merupakan ujung tombak untuk menyampaikan dan mengklarifikasi informasi, oleh sebab itu Satker dan Satwil segera memberikan informasi yang menonjol di masyarakat yang perlu dijelaskan dan disampaikan agar masyarakat dapat merasa aman dan nyaman. 

Wakapolda menambahkan, uji konsekuensi ini merupakan bentuk pelayanan informasi publik secara profesional dan proporsional, humas merupakan garda terdepan untuk membangun opini publik terhadap kinerja Polri, maupun terhadap informasi yang up to date yang diminta masyarakat.

Untuk menyikapi tuntutan masyarakat,  perlu dilakukan pembenahan sehingga out put  yang diharapkan humas ke depan mampu memberikan informasi positif dengan cepat dan akurat kepada masyarakat, sehingga tidak terjadi sengketa informasi. 

Dalam kesempatan itu juga, Wakapolda Sumbar memberikan penekanan kepada peserta Bimtek agar para peserta mengikuti pelatihan dengan serius dan  para pejabat PPID mengimplementasikan materi dalam pelaksanaan tugas kehumasan agar tidak terjadi misinformasi dan kesalahan prosedur dalam pemberian informasi.

Diakhir amanat, Wakapolda menyampaikan bahwa terus jalin kemitraan dengan semua lapisan masyarakat dan kalangan pers serta instansi lainnya, tingkatkan kemampuan dalam mengolah informasi  yang cepat, akurat serta biaya murah.

"Lakukan pendekatan kepada media sehingga terjalin kerjasama yang baik guna peningkatan opini positif Polri," tegasnya. (MC Padang/RA).

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0