Home / Usai Diresmikan, Ini Filosofi Tugu Apeksi di Padang

Berita & Artikel - Berita 2022

Usai Diresmikan, Ini Filosofi Tugu Apeksi di Padang

Padang - Akhirnya Tugu Apeksi yang dibangun di Kompleks Perkantoran Balai Kota Padang diresmikan, Senin (8/8/2022). Tugu tersebut merupakan satu-satunya di Indonesia. 

Bentuk tugu tersebut terbilang unik. Terdapat 15 lonjong di tugu tersebut. Sebanyak 15 lonjong itu muncul dari tiap sisi. Hal ini menandakan bahwa Rakernas Apeksi ke-15 dilaksanakan di Padang. 

Selain itu ada empat sisi bagian tugu. Empat sisi ini menandakan empat pilar nilai kebangsaan, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan juga Bhinneka Tunggal Ika.

Wali Kota Padang, Hendri Septa menyampaikan, Tugu Apeksi merupakan satu-satunya di Indonesia, yang proses pembuatannya dilaksanakan terhitung secara cepat, yakni dalam masa 3 bulan.

Hendri Septa menyampaikan terimakasih kepada semua pihak. Berkat dukungan akhirnya tugu tersebut dapat berdiri kokoh. Area tugu juga dilengkapi taman digital. Termasuk jogging track dan lainnya.

Tidak hanya itu. Sekitaran tugu bagian depan akan menjadi alun-alun kota. Menjadi tempat bersantai warga bersama keluarga. 

"Usai Rakernas Apeksi akan kita tambahkan fasilitasnya," ujar wali kota.  

Ketua Dewan Apeksi Bima Arya menyebut Tugu Apeksi menjadi sebuah sejarah. Serta simbol pemersatu kota se-Indonesia dalam bingkai Apeksi. 

"Di tugu ini telah tertulis nama wali kota saat ini dan nama daerahnya," katanya. 

Peresmian Tugu Apeksi ditandai dengan penandatanganan prasasti, disertai dengan menyaksikan detik-detik pembukaan tirai tugu yang dipenuhi kerlap-kerlip lampu hias. Letusan kembang api ke udara melengkapi momen peresmian di malam itu.(Charlie)

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0