Home / Suntik Vaksin Untuk Anak Upaya Melidungi Anak Dari Penyakit

Berita & Artikel - Berita 2022

Suntik Vaksin Untuk Anak Upaya Melidungi Anak Dari Penyakit

Suntik Vaksin Untuk Anak Upaya Melidungi Anak Dari Penyakit

Padang--- Kepala Puskesmas Ambacang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang  dr Weni Fitria Nazulis, M. Biomed mengatakan, mendapatkan vaksinasi adalah hak anak dan sebagai salah satu bentuk sayang orangtua kepada anak. "Vaksinasi tujuannya semata-mata untuk melindungi anak dari penyakit berbahaya salah satunya adalah COVID-19," ujar Weni saat diwawancara, Kamis (10/02/2022).

Menurut Weni salah satu kendala dalam pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun saat ini adalah masih kurangnya pemahaman orangtua terhadap vaksinasi, ditambah dengan mudahnya para orangtua terpengaruh dengan berita- berita menyesatkan terkait vaksinasi.

Wenni menjelaskan,  Vaksin yg diberikan pada anak adalah vaksin Sinovac yang sudah lolos uji dari BPOM untuk digunakan pada anak, karena KIPI (kejadian Ikutan Paska Imunisasi) nya yg sangat minimal, serta vaksin yang diberikan aman, halal dan berkualitas, Jadi org tua tidak perlu khawatir.

Ia berharap kita semua menyadari bahwa Covid itu masih ada, ditambah varian baru Omicron yang tingkat penularannya cukup tinggi, tapi tingkat keparahan gejala nya lebih rendah. Namun ini ditopang dengan vaksinasi. Jadi vaksinasi melindungi kita dari Covid, kalaupun pada akhirnya terkena Covid dapat mencegah dari sakit berat.

Untuk di wilayah kerja Puskesmas Ambacang, saat ini angka capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun baru 735 orang dari total target yang Divaksin sebanyak 4375 orang atau 16,8 persen.

"Kita sudah berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk menjadwalkan ulang kegiatan vaksinasi karena masih banyaknya sasaran vaksinasi yang belum tervaksin pada kegiatan sebelumnya,. Ada 23 sekolah yang berada di wilayah kerja Puskesmas Ambacang,," mbuh Weni 

Selain itu pihak Puskesmas juga terus berupaya melakukan sosialisasi kepada orang tua murid dengan melibatkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), guna lebih meyakinkan mereka bahwa vaksin merupakan sesuatu yang dibutuhkan anak agar tidak mudah terpapar COVID-19,l.

"Dalam upaya ini kita terus mendapatkan dukungan dari lintas sektor, seperti dari pemerintah kecamatan  dan kelurahan, kepolisian serta dari TNI melalui Koramil, mudah-mudahan dengan dukungan semua pihak maka vaksinasi anak di wilayah kerja Puskesmas Ambacang dapat mencapai hasil yang diharapkan," pungkasnya. (MC Padang/ RA).

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0