Home / Puskesmas Padang Pasir Gelar Lokmin Awal Tahun 2022

Berita & Artikel - Berita 2022

Puskesmas Padang Pasir Gelar Lokmin Awal Tahun 2022

Puskesmas Padang Pasir Gelar Lokmin Awal Tahun 2022

Padang,---- Puskesmas Padang Pasir menggelar kegiatan Lokakarya Mini (Lokmin) lintas sektor awal tahun 2022 di Hotel Face Padang, Kamis (10/03/2022).

Kepala Puskesmas Padang Pasir dr Winanda MARS menjelaskan, kegiatan Lokmin ini sangat penting dalam mengevaluasi capaian Puskesmas dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Menurut Winanda, untuk Lokmin awal tahun 2022 ini Puskesmas Padang Pasir akan memfokuskan pada permasalahan gizi yang terjadi di 10 kelurahan di Kecamatan Padang Barat, yang menjadi wilayah kerjanya. "Untuk tahun ini kita akan fokus pada masalah gizi, karena semua indikator mengalami peningkatan, seperti Stunting, Wasting, Underweght, Wasting, balita kurus dan anemia pada ibu hamil," ujarnya.

Winanda menjelaskan, terjadinya peningkatan terhadap indikator tersebut disebabkan oleh kurang maksimalnya pelayanan gizi dikarenakan terfokus pada upaya penanganan COVID-19 dan vaksinasi.

Selain itu selama tahun 2020 Posyandu juga tidak berjalan maksimal sehingga pencatatan terhadap perkembangan gizi ibu hamil, bayi dan balita, sementara pada tahun 2021 baru sejalan dengan menurunnya pandemi, maka para kader Posyandu mulai kembali melakukan pencatatan, sehingga terlihat angka kenaikan yang cukup signifikan.

"Kita akan berupaya mencarikan solusi dengan membuat inovasi-inovasi guna dapat segera menekan permasalahan yang menyangkut dengan gizi tersebut, " kata Winanda.

Untuk itu melalui Lokmin ini ia mengajak lintas sektor untuk dapat turun bersama dan memberdayakan masyarakat secara maksimal, karena untuk dapat maksimalnya pelayanan kesehatan terhadap masyarakat diperlukan kolaborasi antar lintas sektor dan lintas program.

"Kita juga akan kembali memaksimalkan peran Posyandu bersama kadernya, serta melakukan deteksi dini terhadap masalah gizi dengan melakukan pemantauan ke PAUD maupun sekolah," tambah Winanda. (MC Padang/RA).

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0