Home / PT.Dulux Indonesia Akan Mempercantik Kota Tua Padang

Berita & Artikel - Berita 2021

PT.Dulux Indonesia Akan Mempercantik Kota Tua Padang


PT.Dulux Indonesia Akan Mempercantik Kota Tua Padang


PADANG--Datang atau berkunjung ke Kota Padang, ibu Kota Provinsi Sumatera Barat jangan mengunjungi kawasan Kota Tua/Kota Lama.  Lokasinya berdekatan dengan  jembatan Sitinurbaya, dan Sungai Batang Arau. di Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan.

Menikmati beragam bangunan peninggalan penjajah Belanda, di Kota Tua, lebih baik berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Keunikan berbagai bangunan berdiri dengan kokoh. Kawasan itu disebut juga dengan Padang Dahulu.

Area  pemukiman pertama,   perkampungan di pinggir selatan Sungai Batang Arau.  Kawasan tersebut juga dekat dengan pelabuhan Muaro Padang. 

Kota Tua Padang atau Padang kota lama tidak jauh beda dengan kota tua lainnya di Indonesia seperti kota tua Jakarta, kota tua Semarang Kota Tua Bandung,  pada umumnya menjadi objek wisata sejarah. 

Kota tua padang yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya dan menjadi salah satu objek wisata sejarah di Kota Padang, Provinsi  Sumatera Barat memiliki daya tarik sendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota tercinta ini.

Kota tua Padang dengan sejumlah bangunan peninggalan kolonial Belanda yang masih berdiri kokoh,  sebagian sudah direnovasi dengan tetap mempertahankan bentuk aslinya. 

Dan Pemko Padang terus berupaya kawasan Kota Tua Padang dalam konsep kawasan wisata terpadu. 

Kini untuk lebih memperindah kawasan Kota Tua Padang itu, serta  menyemarakkan  suasananya, Pemko Padang menggandeng PT Dulux Indonesia sebagai donatur penyedia bahan cat melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR)-nya. 

Kerjasama  kedua pihak akan melakukan  pengecatan pada beberapa bangunan di Kota Tua tersebut  termasuk Jembatan Siti Nurbaya, ungkap Wako Hendri Septa pada Kick Off Pengecatan Kota Tua Padang di Palanta Rumah Dinas Wali Kota Padang, Selasa (30/11/2021).

Kawasan Kota Tua Padang yang akan dicat seluas 32.690 meter persegi di Kecamatan Padang Barat. Rencananya, titik lokasi pengecatan,  Jembatan Siti Nurbaya, Muaro, bangunan rumah tua, serta gedung tua lainnya.

Pengecatan semua bangunan tua itu, tentu tidak akan mengubah bentuk maupun keaslian gedungnya.  Tujuan pengecatan, agar Kota Tua  terlihat indah dan lebih menarik  lagi. Nantinya, setiap pengunjung datang ke Kota Tua  akan merasakan kembali suasana tempo doeloe. 
 
Pengerjaan pengecatan akan dilakukan  pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Padang. Proses pengecatan dilakukan secara bertahap. Target bisa selesai akhir tahun 2021, ucap Wali Kota Hendri Septa. Alhamdulillah semua cat di suport oleh pihak Dulux.

Wako Hendri Septa berharap  pengecatan Kota Tua dan Jembatan Siti Nurbaya bisa meningkatkan daya tarik wisata ke Kota Padang. Dipercantik kawasan Kota Tua,  menjadi salah satu alasan wisatawan berkunjung ke Kota Padang. 

Mereka disuguhi nuansa Padang tempo dulu. Karenanya atas nama Pemerintah Kota Padang  mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pihak Dulux yang telah bersedia membantu pengecatan kawasan Kota Tua. Semoga berkah untuk Dulux dan  semuanya, kata Hendri Septa.

Jumlah cat yang disediakan Dulux sebanyak 3500 liter. Tahap pertama pengecatan  pada 20 bangunan serta Jembatan Sitinurbaya. Warnanya di upayakan tidak warna warni hanya satu warna saja, dan identik dengan Kota Tua.

Bangunan Kota Tua cukup satu warna  saja yakni putih dan dibarengi dengan pencahayaan lampu warna warni di malam hari. "Kita berharap upaya ini mendatangkan multiefek bagi warga kota Padang khususnya dalam peningkatan  perekonomian, sebut Wako Hendri Septa  bersemangat didampingi Ketua TP-PKK Padang Ny. Genny Hendri Septa.

Hadir saat kegiatan Kick Off Pengecatan Kota Tua Padang di Palanta Rumah Dinas Wali Kota Padang itu,  Brand Manager PT Dulux Indonesia Ria Marfiana beserta jajaran dan Pj Sekda Arfian, serta Kabag Prokopim Amrizal Rengganis dan kepala OPD terkait lainnya. Anggota DPRD Kota Padang Iswanto Kuswara.(Mcpadang/Irwan Rais).

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0