Home / PKS Pemanfaatan Data Kependudukan

Berita & Artikel - Berita 2022

PKS Pemanfaatan Data Kependudukan

PKS Pemanfaatan Data Kependudukan

Padang---Kadis Pariwisata Kota Padang Eri Sandjaya, S. Sos. M. Si menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kadis Dukcapil Kota Padang 

Teddy Antonius, S. STP. MM di Ruang Kerja Kadis Pariwisata, Kamis (16/6/2022).

PKS tentang pemanfaatan data akses kependudukan untuk mendukung kemajuan industri Pariwisata kota Padang.

Menurut Kadis DikCapil Teddy Antonius pemanfaatan data kependudukan sebagai aktivitas pemberian hak akses atas data kependudukan oleh Menteri Dalam Negeri kepada lembaga pengguna dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik, penelitian, perencanaan pembangunan, dan atau penegakan hukum. 

"Kementerian Dalam Negeri mendelegasikan kewenangan pemanfaatan data kependudukan kepada Dirjen Dukcapil, Gubernur, dan Bupati, Wali kota sesuai dengan skala kewenangannya,'. ungkap Teddy.

Kadis Dukcapil Teddy Antonius katakan, hak akses memberi kemudahan bagi OPD memberi pelayanan kepada masyarakat utamanya yang membutuhkan NIK maupun data kependudukan lainnya.

"Memudahkan dan mempercepat pengurusan berbasis NIK, dapat melakukan sinkronisasi data yang tidak lagi terpusat di Dukcapil," kata Teddy.

Dan Teddy juga menjelaskan, pemberian hak akses yang merupakan program Dirjen Dukcapil Kemendagri itu, ditargetkan menyeluruh di setiap OPD di Pemko Padang.

Kata Kadis DikCapil Teddy, pada pola pelayanan manual sebelumnya, memerlukan berbagai dokumen kependudukan untuk verifikasi data serta memerlukan waktu berhari-hari. Namun dengan pelayanan menggunakan akses data penduduk cukup dilakukan dalam hitungan menit (** Irwan Rais).

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0