Home / Pemko Padang siap Sukseskan PENAS XVI Petani Nelayan di Tahun Mendatang

Berita & Artikel - Berita 2022

Pemko Padang siap Sukseskan PENAS XVI Petani Nelayan di Tahun Mendatang

Padang, - Pemerintah Kota Padang sebelumnya telah merencanakan persiapan kegiatan Penas XVI Petani Nelayan yang akan diselenggarakan pada 4 s/d 9 Juni 2022, hal tersebut tertunda dikarekan datangnya wabah Covid - 19, sehingga kegiatan tersebut direncanakan pada tahun mendatang 10 - 15 Juni 2023. Perkiraan yang akan datang dalam acara ini mencapai 30 ribu hingga 50 ribu, dengan demikian itu menjadi peluang untuk masyarakat pelaku umkm yang ada di Kota Padang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Petanian Kota Padang Syahrial Kamat saat pertemuan dengan rekan - rekan media di salah satu ruangan Kantor Balai Kota Padang, Rabu (16/11/22).

Pemerintah Kota Padang akan menyelenggarakan kegiatan nasional yaitu Persiapan Pekan Nasional (Penas) Kelompok Petani Nelayan, Gubernur Sumatera Barat memberikan amanah kepada Kota Padang sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan acara tersebut, sehingga untuk tahun mendatang Kota Padang harus menyiapkan strategi dalam mensukseskan acara itu.

Syahrial Kamat mengatakan diselenggarakan kegiatan Penas XVI Petani Nelayan di Kota Padang tentu memberikan dampak pada nantinya yang sangat luar biasa, hal tersebut dikarenakan banyak tamu atau pengunjung yang akan mendatangi Kota Padang.

 "Perkiraan yang akan datang dalam acara ini mencapai 30 ribu hingga 50 ribu, dengan demikian itu menjadi peluang untuk masyarakat pelaku umkm yang ada di Kota Padang," Ucapnya.

Dikatakannya juga dalam kegiatan tersebut pemko padang juga menegaskan kepada pelaku umkm nantinya untuk mengantisipasi agar tidak memberi kenaikan harga kepada peserta yang akan berkunjung ke Kota Padang dalam acara Penas XVI Petani Nelayan.

"Kita akan menginformasikan kepada para pelaku usaha seperti : Hotel, Restoran dan pelaku umkm lainnya untuk tidak menaiki harga pasarannya nanti, sehingga itu berupaya untuk memberikan kenyaman kepada peserta atau tamu yang akan datang ke daerah kita ini," Ucapnya lagi.

Sementara itu Beliau juga menjelaskan pada rangkaian kegiatan Penas XVI Petani Nelayan tersebut terdapat bentuk susunan acara seperti : acara upacara dan apresiasi, kepemimpinan dan kemandirian kontak tani nelayan, kemitraan usaha dan jaringan informasi agribisnis, pengembangan teknologi dan kualitas produksi agribisnis, study banding, widyawisata, dan penggelaran seni budaya.

"Dalam susunan acara Penas XVI Petani Nelayan nantinya akan banyak kegiatan peserta atau tamu langsung turun kelapangan untuk meninjau para petani dan nelayan, tak hanya itu bahkan ada juga seperti punyuluhan kepada petani dalam memberikan informasi," jelasnya.

Disisi lain Kepala Dinas Petanian Kota Padang Syahrial Kamat juga menyampaikan bahwa untuk mensukseskan acara ini tentu pemko padang akan sering mendiskusikan dalam kesiapan acara Penas XVI Petani Nelayan dan juga akan mengajak seluruh stakeholder bekerjasama dalam upaya mecapai harapan tersebut. (Diskominfo/ham/mg-enda/mg-ulva)

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0