Home / Pemko Padang-Semen Padang Audiensi Soal Pemanfaatan Sampah jadi Energi

Berita & Artikel - Berita 2021

Pemko Padang-Semen Padang Audiensi Soal Pemanfaatan Sampah jadi Energi

Pemko Padang-Semen Padang Audiensi Soal Pemanfaatan Sampah jadi Energi

Padang, I---Pemerintah Kota Padang menggelar audiensi dengan PT. Semen Padang terkait pemanfaatan sampah menjadi energi dengan metode Refuse Derived Fuel (RDF) bertempat di Gedung Putih Rumah Dinas Walikota, Rabu (1/12/2021).

Sebagaimana diketahui, saat ini TPA Air Dingin dengan luas 33 Ha sudah terisi lebih kurang 90 persen. Berdasarkan hasil perhitungan, diperkirakan TPA Air Dingin akan penuh di tahun 2026-2028. 

Menyikapi kondisi itu, Pemko Padang berencana melakukan pengelolaan sampah dengan menerapkan metode RDF. Diharapkan dengan metode RDF ini dapat memperpanjang umur pakai TPA sampai tahun 2041.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon mengatakan metode RDF merupakan salah satu metode dalam pemanfaatan sampah. 

Dimana sampah dapat menjadi bahan bakar/ sumber energi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi menggantikan batu bara.

“Pemko Padang berencana menggunakan metode RDF ini dalam pengelolaan sampah Kota Padang. RDF Plant akan ditempatkan di TPA Air Dingin dengan memanfaatkan lahan seluas lebih kurang 3 Ha. Bahan bakar hasil olahan RDF Plant ini nantinya akan dimanfaatkan oleh PT. Semen Padang dan PLTU Teluk Sirih,” jelas Mairizon. (MC Padang/June/Irwan Rais)

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0