Home / Pemko Padang Canangkan Pembinaan Kelurahan Cinta Statistik (CANTIK)

Berita & Artikel - Berita 2022

Pemko Padang Canangkan Pembinaan Kelurahan Cinta Statistik (CANTIK)

Padang,- Pemerintah Kota Padang bersama Badan Pusat Statistik Kota Padang mencanangkan Pembinaan Kelurahan Cinta Statistik, CANTIK sebagai Wujud Komitmen dan Kecintaan Kita Kepada Bangsa dan Negara.

Pencanangan Kelurahan Cinta Statistik ini di resmikan oleh Wali Kota Padang di Aula Kantor Camat Padang Utara, Senin (3/10/2022).

Wali Kota Padang menjelaskan, menurut UUD Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa dan peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2019 tentang SATU DATA INDONESIA (SDI). Pemerintah Desa / Kelurahan menjadi penyelenggara kegiatan statistik di wilayahnya masing - masing, sehingga peran Desa / Kelurahan sebagai satuan wilayah terkecil menjadi sangat penting.

"Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang sebagai lembaga Pemerintah yang memiliki kewajiban dalam hal pengembangan statistik di Indonesia, tentunya harus mampu berkontribusi dalam penguatan kegiatan statistik," ucapnya Wali Kota Hendri Septa.

Tujuan dari pembinaan Kelurahan Cantik adalah Program Peningkatan Kapasitas Pengelolaan dan Pemanfaatan Data Statistik kepada Desa / Kelurahan yaitu : 1.Meningkatkan Literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat Desa / Kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. 2. Standarisasi Pengelolaan Data Statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan. 3. Optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa tepat sasaran ; dan 4. Membentuk Komunitas Statistik pada Level Desa / Kelurahan.

"Alhamdulillah hari ini BPS telah menetapkan Pembinaan Kelurahan Cantik di Tahun 2022 sebanyak 3 ( Tiga ) Kelurahan, yaitu : 1. Kelurahan Andaleh di Kec. Padang Timur. 2. Kelurahan Ulak Karang Selatan di Kec. Padang Utara dan 3. Kelurahan Lolong Belanti di Kec. Padang Utara," sambungnya.

Kepala BPS Kota Padang Alfianto dalam sambutannya menyebutkan tujuan dengan adanya Kelurahan Cantik ini dapat mewujudkan satu datu, menyediakan data statistik lebih lengkap dan akurat, sekaligus meningkatkan kesadaran akan pentingnya Statisktik.

"Hal itu terlihat telah dilakukan identifikasi kebutuhan data Kelurahan Andalas, Ulak Karang Selatan dan Lolong belanti, Membantu melengkapi data prodeskel dan Memberikan pelatihan kepada operator kelurahan," sebutnya.

"Untuk Target kedepannya BPS telah melakukan Bimbingan teknis aparat kelurahan dalam pengelolaan dan manajemen data, Bimbingan penyusunan publikasi, Membentuk Komunitas Cinta Statistik "Forum Data Kelurahan", sambungnya.

Pada kesempatan yang sama Diskominfotik Sumbar yang dihadiri oleh Kepala Bidang Statistik Oni Fajar Syahdi, bahwa kelurahan Statistik ini diawali oleh Sumatera Barat. Awalnya tahun 2019 kami mencanangkan Nagari Statistik pertama di Indonesia tepatnya di Kabupaten Dhamasraya di Kecamatan Sitiung di Nagari Sungai Duo.

"Kemudian di tahun 2020 kami replikasi di 19 Kabupaten Kota di Sumatera Barat. Ini adalah kolaborasi antara BPS Sumbar, Diskominfotik Sumbar serta pemerintah daerah Kabupatan Kota yang ada di Sumatera Barat," sambungnya.

"Di tahun 2021 inovasi daerah ini di kembangkan oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini BPS RI menjadi program nasional, termasuk Kelurahan CANTIK yang akan dicanangkan oleh Wali Kota Padang ini, jadi mudah - mudahan tujuan dari Kelurahan Cinta Statistik ini adalah bagaimana setiap Kelurahan dapat mengelola daerahnya baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi pembangunan daerah itu berdasarkan atas data statistik. Itulah mengapa ada Kelurahan Cinta Statistik," ucapnya.

Dalam acara ini turut hadir, Asissten Pemerintahan Edi Hasymi, Asissten Pembangunan Didi Aryadi, Assisten Administrasi Umum Corri Saidan, Anggota DPRD Kota Padang Faisal Nasir, Kepala Dinas DLH Mairizon, Plt Kepala Dinas Diskominfo Al Amin, Camat Padang Utara Pagara, Kepala Dinas Dukcapil Teddy Oktavianus, Kabag Tata Pemerintahan Imral Fauzi, Kepala Dinas UMKM dan Koperasi Ferry, Camat Padang Timur Siska Meilani, dan juga semua Lurah di Kawasan Kecamatan Padang Utara.
(Havis/Diskominfo)

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

1

angry

0

sad

0