Home / Pembinaan Ekonomi Berbasis Masyarakat Sasaran Pembangunan Di Kelurahan Teluk Bayur.

Berita & Artikel - Berita 2020

Pembinaan Ekonomi Berbasis Masyarakat Sasaran Pembangunan Di Kelurahan Teluk Bayur.

Pembinaan Ekonomi Berbasis Masyarakat Sasaran Pembangunan Di Kelurahan Teluk Bayur.

Padang --Sejumlah usulan telah berhasil dicapai pada rapat koordinasi rencana pembangunan (Rakorbang)  di Kelurahan Teluk Bayur Kecamatan Padang Selatan, Rabu (27/01/2021).

Menurut Lurah Teluk Bayur Yovi Anggraini, dari sejumlah usulan yang disampaikan oleh 3 RW, dicapai kesepakatan 6 usulan yang akan dibawa ke Rakorbang tingkat kecamatan Padang Selatan nantinya. "Sesuai aturan, maka disepakati masing-masing RW mendapat porsi dua usulan pembangunan, baik itu berupa pembanguan fisik maupun dalam bentuk pemberdayaan," ujar Yovi.

Dari hasil Rakorbang kali ini, 3 dari 6 usulan yang menjadi prioritas adalah upaya peningkatan ekonomi berbasis kemasyarakatan, sedangkan 2 berupa pembangunan fisik dan satu lagi penyediaan peralatan nelayan.

Yovi menambahkan, usulan ini merupakan hasil dari rembuk warga yang telah dilakukan sebelum pelaksanaan Rakorbang. "Memang hasil usulan Rakorbang kali ini dititik beratkan pada peningkatan ekonomi serta taraf hidup masyarakat melalui pemberdayaan dan pelatihan menjahit bagi Kelompok Usaha Bersama (Kube) yang ada,' tambah Yovi.

Selain itu salah satu usulan yang cukup menarik adalah adanya usulan pelatihan Informasi Teknologi (IT) bagi warga Teluk Bayur. Hal ini sangat penting menurut Lurah, karena masyarakat harus melek IT mengingat saat ini era industri 4.0 dimana perdagangan dan bisnis dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, cukup melalui gawai. " Jadi masyarakat akan dilatih untuk mengembangkan usaha dengan sistim daring. Selain itu dengan memahami IT kita juga berharap masyarakat kita tidak mudah terpengaruh dengan berita-berita Hoaks," pungkas Yovi.

Untuk pembangunan fisik, melalui Rakorbang juga diusulkan pembuatan dam penahan banjir serta melakukan renovasi dan pembuatan jamban sehat. (MC Padang/RA/Irwan Rais).

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0