Home / Padang, Kota yang Nyaman Sebagai Tempat Tinggal

Berita & Artikel - Berita 2022

Padang, Kota yang Nyaman Sebagai Tempat Tinggal

Padang, Kota yang Nyaman Sebagai Tempat Tinggal

Padang---Kepala Bappeda Kota Padang Yenni Yuliza mengungkapkan Kota Padang merupakan kota yang nyaman sebagai tempat tinggal dan sebagai tempat untuk beraktifitas. Hal itu diketahui dari pengukuran Indeks Kota Layak Huni Kota Padang dimana Indeks Layak Huni Kota Padang 65,13 persen.

Yenni menjelaskan, pengukuran Indeks Kota Layak Huni diperlukan karena RPJMD Kota Padang Tahun 2019-2024 menetapkan misi 2 Kota Padang adalah “Mewujudkan Kota Padang yang unggul, aman, bersih, tertib, bersahabat dan menghargai kearifan lokal”  “Dengan tujuan adalah terwujudnya Kota Padang yang layak huni dengan indikator kinerja utama adalah Indeks Kota Layak Huni,” ujar Yenni, Rabu (2/2/2022).

Pengambilan sampel Kota Layak Huni dilakukan dengan menggunakan “Rumus Slovin” dengan batas margin error 3 persen dan tingkat kepercayaan 97 persen. Dengan jumlah sampel yakni 1.100 sampel. Pembagian jumlah sebaran sampel ke kelurahan dibagi secara proporsional berdasarkan pertimbangan jumlah penduduk per kelurahan.

Tujuan pengukuran Indeks Kota Layak Huni Kota ini adalah sebagai masukan bagi pemangku kepentingan dalam merumuskan strategi, kebijakan, program dan kegiatan untuk meningkatkan nilai liveable city indeks Kota Padang di masa mendatang.

Indeks Layak Huni ini dapat dilihat dari 2 aspek yakni aspek fisik meliputi fasilitas perkotaan, infrastruktur, perencanaan tata ruang dan lain-lain. Lalu aspek non fisik seperti hubungan sosial, kegiatan ekonomi dan lain-lain,” tutur Yenni.

“Jadi dapat disimpulkan bahwa Kota Padang merupakan kota layak huni yang nyaman sebagai tempat tinggal,” ucap Yenni. (MC Padang/June)

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0