Home / Meski di tengah pandemi COVID-19, sektor komunikasi di Padang tetap tumbuh

Berita & Artikel - Berita 2020

Meski di tengah pandemi COVID-19, sektor komunikasi di Padang tetap tumbuh

Padang (ANTARA) - Sektor informasi dan komunikasi di Kota Padang sepanjang 2020 tetap bertumbuh kendati daerah itu dilanda pandemi COVID-19 bahkan mengalami peningkatan dibandingkan 2019.

"Sektor informasi dan komunikasi mengalami pertumbuhan signifikan tahun ini, jika pada 2019 hanya tumbuh Rp4,608 triliun 2020 naik menjadi Rp5,112 triliun atau naik sebesar Rp503,77 miliar," kata Kepala Dinas Kominfo Padang, Rudy Rinaldy di Padang, Kamis.

Menurutnya pembatasan kegiatan masyarakat yang dianjurkan berada di rumah saja, belajar daring anak-anak sekolah dan mahasiwa, work from home, virtual meeting, webinar, dan seminar secara online menyebabkan sektor ini tumbuh pesat.

Pada sisi lain ia melihat Kota Padang masih diuntungkan dengan masih menggeliatnya sektor UMKM dari berbagai lapangan usaha dan serapan tenaga kerja sektor informal, sehingga mampu memberikan suntikan kekuatan untuk tetap bisa bertahan walau pada level terendah sekalipun.

"Transaksi digital dari sejumlah loka pasar juga memberikan implikasi positif sehingga UKM tetap dapat bertahan," katanya.

Kemudian program Padang Smart melalui penyediaan wifi di seluruh kantor Pemerintah Kota Padang termasuk kantor Camat, Lurah dan Puskesmas yang bisa diakses masyarakat turut membantu terjadinya transaksi dagang secara digital.

Ini ditambah dengan program masjid digital dan pemasangan wifi gratis secara terbatas di beberapa spot dalam wilayah Kota Padang, sehingga banyak pelaku UKM yang semula berdagang secara konvensional beralih ke digital, ujarnya.

Ia berharap performa ekonomi Kota Padang pada 2021 akan lebih baik walau masih berkutat dengan masalah pandemiCOVID-19.

Perlu inovasi dan improvisasi untuk mencari peluang-peluang baru guna mendatangkan pendapat asli daerah serta memberikan perhatian lebih kepada sektor yang secara statistik mempengaruhi PDRB Kota Padang, katanya.

Menurutnya selain berorientasi pelayanan publik Pemerintah Kota juga tidak salah jika berbisnis dalam koridor yang benar untuk kemudian hasilnya dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan fisik dan nonfisik.
 

Pewarta : Ikhwan Wahyudi
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0