Home / Melalui Kotaku Gerakkan Ekonomi Kreatif di Batang Arau

Berita & Artikel - Berita 2022

Melalui Kotaku Gerakkan Ekonomi Kreatif di Batang Arau

Melalui Kotaku Gerakkan Ekonomi Kreatif di Batang Arau

Padang--Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Padang Andi Amir,  tampil jadi  Narasumber Lokakarya Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) tingkat Kota Padang. Program Kotaku mewujudkan kolaborasi tiga kelurahan di Kota Padang dalam mendorong dan memberdayakan kreatifitas serta ekonomi masyarakat

Lokakarya Program KOTAKU sekaligus Sosialisasi Feasibility Study Business Development Center (FS BDC) dan kegiatan Skala Kawasan Batang Arau Tahun 2022 di HW Hotel Padang,  Jum'at (25/2/2022)

Kolaborasi tigak kelurahan itu yakni Kelurahan Seberang Padang, Seberang Palinggam dan Kelurahan Batang Arau termasuk dalam Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Gunung Padang yang memiliki keunggulan yang tidak dimiliki  kelurahan lain di Kota Padang. Kenapa demikian, kata Andi Amir Kabid Ekraf  Mewakili Kadis Pariwisata Kota Padang itu, lantaran kawasan Batang Arau mempertemukan laut, sungai, gunung dan kota tua serta Jembatan Sitinurbaya.

Kawasan Batang Arau   telah ditata dengan baik, selalu perbaikan kualitas kawasan melalui Program KOTAKU sehingga menambah daya tarik para wisatawan untuk berkunjung. Sejalan dengan itu  Dinas Pariwisata terus melakukan upaya pemberdayaan masyarakat dalam mengelola pariwisata dengan pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Kelompok Sub Sektor Ekonomi Kreatif.

Kawasan wisata Batang Arau  di 3 kelurahan tersebut  menjadi  kekuatan besar mempengaruhi peningkatan ekonomi masyarakatnya. Untuk itu harus sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi kreatifnya  diantaranya Sub sektor Kuliner, Kriya, Seni Pertunjukan, Musik dan Fashion.

Pihak Kelurahan bersama Pokdarwis serta melibatkan LPM, RW dan Rt untuk mendorong membentangkan ragam kreatifitas ekonomi mulai dari arena kuliner, Seni Pertunjukkan dan Fashion. Jika kreatifitas ekonomi telah digerakkan serta dimulai, jangan lupa memanfaatkan digitalisasi untuk menarik para pelanggan muah dan cepat, pesan Andi Amir.

Kabid Ekraf Andi Amir pada kesempatan itu juga menyampaikan bahwa Dinas Pariwisata memiliki program dalam peningkatan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diantaranya, Bimtek Pengolahan Higienitas Kuliner, Bimtek Pokdarwis, Bimtek Branding dan Digitalisasi Pemasaran, Bazar Ekraf, Pelatihan peningkatan Sub  sektor Kriya dan Fashion.

Bagi masyarakat tak ada lagi yang diragukan, hanya tinggal kemaun saja lagi, Dinas Pariwisata akan selalu berkolaborasj dengan Program KOTAKU dalam peningkatan Ekonomi Kreatif di Kawasan  Wisata Batang Arau. Semua itu demi  pertumbuhan dan perkembangan ekonomi serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.(McPadang/Irwan Rais)

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0