Home / Masyarakat Berpartisipasilah Ciptakan Pemilu Yang Berkualitas.

Berita & Artikel - Berita 2020

Masyarakat Berpartisipasilah Ciptakan Pemilu Yang Berkualitas.

Masyarakat Berpartisipasilah  Ciptakan Pemilu Yang Berkualitas.

 

Padang--Sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di Kecamatan Padang Timur mengikuti sosialisasi pengawasan partisipasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar tahun 2020 di Padang, Senin (02/11/2020).

Sosialisasi dibuka langsung oleh Ketua Komisioner Panita Pengawas Kecamatan (Panwascam) Padang Timur, Rizki Herdi Kurniawan.Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat arti sebuah pemilu sebagai perwujudan demokrasi.

Menurut Rizki, masyarakat harus terlibat dalam mengawasi jalannya Pemilu agar dapat melaksanakan Pemilu yang berkualitas sehingga juga menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

"Masyarakat harus tahu kalau Pemilu itu bukan hanya sekedar datang mencoblos ke TPS, tapi sesungguhnya masyarakat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi sedang mengamanahkan sebagian dari kekuasaannya untuk dikelola oleh pemimpin yang dipilihnya," ujar Rizki.

Ia menambahkan pengawasan jalannya Pemilu oleh masyarakat juga sudah diatur oleh Undang-Undang no 7 tahun 2017.Menurut Rizki dengan keterbatasan personil Panwascam, peran serta masyarakat dalam ikut melakukan pengawasan sangat diharapkan guna menunjang suksesnya Pemilu."Terlebih saat masa kampanye, masyarakat bersinergi dengan Panwascam untuk mencegah terjadinya kampanye negatif," tambahnya.

Untuk Kecamatan Padang Timur, terdapat lebih dari 60 ribu daftar pemilih tetap di 173 TPS yang tersebar di 10 kelurahan. Sementara untuk masing-masing kelurahan terdapat satu orang petugas Panwas dan 3 orang di kecamatan. (MC Padang/RA/Irwan Rais).

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0