Home / Kini Homestay Diminati Para Wisatawan

Berita & Artikel - Berita 2022

Kini Homestay Diminati Para Wisatawan

Kini Homestay Diminati Para Wisatawan

Padang,---Kabid Ekraf Dinas Pariwisata Kota Padang Andi Amir, SH.MH tampil sebagai narasumber pada pelatihan Pengelolaan Homestay/Pondok Wisata di HW Hotel, Kamis (23/6/2023).

Pelatihan pengelola Homestay diikuti 40 peserta.

Kini Keberadaan homestay juga diminati para wisatawan, sekaligus menunjang destinasi pariwisata kota Padang.

"Kita harapkan peserta pelatihan pengelolaan Homestay bisa membenahi dengan profesional, walaupun bukan berbintang. Namun ciptakan rasa kenyamanan, senang bagi wisatawan untuk menikmati menginap di Homestaynya," ucap Andi Amir.

Para pengelola Homestay harus jeli pada era digitalisasi saat ini.Bagi para

pengelola Homestay ada dua hal pokok yang harus dilakukan yaitu hospitality dan kolaborasi. 

Hospitality sangatlah penting, karena kenyamanan, kebersihan, dan keramahan yang menjadi kunci apakah pengunjung akan datang lagi atau tidak, kata Kabid Ekraf Andi Amir

Ikhtiar ini perlu dilakukan untuk merangkul pasar wisatawan yang mulai beralih ke wisata keluarga, memilih homestay untuk menginap. 

Perlu kolaborasi dengan potensi yang bisa mendukung perkembangan homestay dan memperbanyak kalender pariwisata.

Kalender kegiatan tidak harus fokus pada kegiatan tourism, sebut Andi Amir bisa berupa kegiatan atraksi wisata, budaya, seminar atau simposium ilmiahi, lomba olahraga, dan berbagai kegiatan lainnya. 

Para pelaku usaha Homestay harus inovatif. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengelola Homestay di Kota Padang Yaitu, lokasi yang strategis, penentuan konsep dan pangsa pasar, pemanfaatan digital, fasilitas lengkap seperti Toilet, dan Wifi serta kenyamanannya.

"Melalui pelatihan ini kita harapkan benar-benar dapat meningkatkan profesional untuk mengelola homestay,"ucap Andi Amir

 Cara ini salah satu faktor penunjang untuk mendukung Dunia kepariwisatasn di Kota Padang.(**/Irwan Rais)

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0