Home / Ketua DPW APKESMi Sumbar Lantik DPC APKESMi Kota Padang 

Berita & Artikel - Berita 2022

Ketua DPW APKESMi Sumbar Lantik DPC APKESMi Kota Padang 

Ketua DPW APKESMi Sumbar Lantik DPC APKESMi Kota Padang 

Padang--- Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Akselerasi Puskesmas Indonesia (APKESMi), dr Winanda MARS secara resmi melantik Dewan Pengurus Cabang (DPC) APKESMi Kota Padang, Kamis (10/02/2022).

Kepala Puskesmas Pauh dr Muhammad Fardhan akan menakhodai kepengurusan DPC APKESMi Kota Padang untuk masa bakti 2022-2025.

Dal.sambutannya Ketua DPW Apkesmi Sumbar yang juga Kepala Puskesmas Padang Pasir menyebutkan, Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya. 

Didalam pembangunan kesehatan, Puskesmas memiliki peranan yang sangat signifikan mengingat beban pemenuhan Standar Minimal Pelayanan Bidang Kesehatan sebagian besar tertumpu dipundak Puskesmas. Oleh karena itu integritas Puskesmas sangatlah penting untuk menjamin keberhasilan program-program kesehatan yang telah dicanangkan.

Seiring dengan diberlakukannnya otonomi daerah, kondisi Puskesmas disetiap daerah sangat variatif baik dari sisi sarana dan prasarana, sumber daya kesehatannya maupun ketersediaan anggarannya. Meskipun secara makro, program kesehatan masih tetap dalam kendali Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Untuk mewujudkan Puskesmas yang kokoh, tangguh dan bermutu, Kepala Puskesmas seluruh Indonesia bersepakat untuk membentuk sebuah organisasi sebagai wadah diskusi dan menyalurkan aspirasi Puskesmas dengan nama AKSELERASI PUSKESMAS INDONESIA.

"Organisasi APKESMI di tingkat wilayah Sumatera barat telah terbentuk pada tanggal 25 Maret 2021, dan alhamdulillah pada hari ini kita dapat melaksanakan pelantikan Dewan Pengurus APKESMI tingkat kabupaten Kota di Kota Padang. Dimana ini merupakan Dewan Pengurus Cabang yang pertama di Sumatera Barat," ujarnya.

Winanda berharap  para Kepala Puskesmas kabupaten kota lainnya yang ada di sumatera barat juga memiliki semangat yang sama atau bahkan lebih untuk segera membentuk DPC di kabupaten kotanya masing-masing.

Menurut Winanda, dengan adanya APKESMI ini akan memudahkan untuk saling berkomunikasi dan berkoordinasi baik secara internal APKESMI maupun secara eksternal dengan lintas sektor dan pemangku kepentingan di daerah masing-masing.

"Saya juga berharap APKESMi dapat menjadi wadah bagi puskesmas untuk saling menguatkan dalam pencapaian vaksin, khususnya saat ini usia anak," imbuhnya.

Terakhir dengan kehadiran APKESMi dapat melakukan akselerasi atau percepatan Puskesmas untuk menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), serta meningkatkan akreditasi Pusksesmas yang ada di wilayah kerjanya masing-masing. (MC Padang/RA).

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0