Home / Kelurahan Aia Manih Bantu Warga Stunting

Berita & Artikel - Berita 2022

Kelurahan Aia Manih Bantu Warga Stunting

Kelurahan Aia Manih Bantu Warga Stunting

 

Padang,---- Lurah Aia Manih Kecamatan Padang Selatan Kota Padang, Zainal Effendi mengatakan guna mengatasi permasalahan Stunting, butuh keterlibatan dan peran aktif semua pihak.

 

Hal tersebut disampaikannya disela-sela membagikan bantuan paket sembako kepada lima anak yang terindikasi menderita Stunting, di wilayah Kelurahan Aia Manih, Selasa (30/08/2022).

 

"Berdasarkan data dari puskesmas, ada lima orang anak terindikasi Stunting, maka kita berinisiatif memberikan bantuan paket sembako, untuk memenuhi kebutuhan gizi si anak," kata Zainal.

 

Menurut Zainal, apa yang dilakukannya hanya bersifat stimulan, guna memancing pihak-pihak lain untuk dapat berpartisipasi secara bersama, sehingga terjadi berbagai intervensi program dalam mengatasi Stunting.

 

Kepala Puskesmas Pemancungan drg Dewi Muarofah yang juga turut hadir pada kegiatan ini menjelaskan, masalah Stunting merupakan masalah yang terkait dengan tumbuh kembang anak, yang dimulai dari sejak masa kehamilan.

 

Dewi menjelaskan, masalah Stunting bukan hanya karena kurangnya asupan gizi si anak, tapi juga disebabkan banyak faktor, seperti kondisi rumah yang tidak sehat, tidak memiliki jamban sehat, pola asuh, faktor ekonomi, tingkat pengetahuan terhadap kesehatan, hingga keengganan orangtua membawa anak secara rutin ke posyandu.

 

"Kita selalu meminta kepada ibu hamil dan ibu yang memiliki bayi dan balita agar rutin datang ke posyandu, sehingga kita bisa memeriksa kesehatan, mendata, mengukur perkembangan anak serta memberi vitamin maupun makanan tambahan baik kepada ibu maupun bayinya," ujar Dewi.

 

Pada kegiatan ini Dewi yang didampingi oleh petugas dari Puskesmas Pemancungan juga melakukan pengukuran berat dan tinggi badan kepada lima anak yang terindikasi Stunting.

 

Ini dilakukan sebagai upaya verivikasi dan validasi (verval), terhadap data anak stunting, kegiatan ini sekaligus mengukur perkembangan si anak dibandingkan saat pendataan sebelumnya.

 

"Jika ternyata ada perkembangan, baik tinggi dan berat badan serta melewati batasan Stunting, maka anak akan dikeluarkan dari data Stunting, namun jika belum maka kita akan intensifkan upaya penanganannya," ucap Dewi. (**/RA/Irwan Rais)

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0