Home / Kawasan Siti Nurbaya

Wisata Padang - Objek Wisata Alam

Kawasan Siti Nurbaya

https://www.andalastourism.com/jembatan-siti-nurbaya-padang

Kawasan Siti Nurbaya

Alamat :

Jl. Kp. Batu, Batang Arau, Kec. Padang Sel., Kota Padang, Sumatera Barat

Telp./HP :

Belum tersedia

Email :

Belum tersedia

Website :

Belum tersedia

Sekilas Tentang Kawasan Siti Nurbaya

Siapa yang tidak kenal dengan kota Padang. Kota yang terkenal akan masakan padang dan kisah Sitti Nurbaya itu. Untuk mengabadikan kisah dari Sitti Nurbaya, di kota Padang terdapat sebuah Taman yang cukup terkenal dan terletak di atas ketinggian yang disebut dengan Taman Sitti Nurbaya atau bisa disebut dengan istilah Taman Gunung Padang.

Taman Sitti Nurbaya merupakan taman yang terletak kurang lebih 15 kilometer di sebelah barat kota Padang, Sumatera Barat. Taman ini adalah kawasan wisata di padang yang berada di puncak bukit Muara Batang Arau yang dikenal dengan Bukit Sitti Nurbaya.

Sesuai dengan namanya, oleh masyarakat Padang dipercaya bahwa di wilayah taman ini terdapat sebuah tumpukan batu yang di percaya sebagai makam Sitti Nurbaya yang pernah di ceritakan menjalin cinta dengan Samsulbahri namun di paksa dan dijodohkan dengan Datuk Maringgih.

Kawasan ini merupakan kawasan legendaries bagi masyarakat Padang. Selain sebagai tempat wisata, kawasan ini juga merupakan kawasan pemakaman Sitti Nurbaya.  Makan Sitti Nurbaya sendiri terletak di balik batu besar dan terdapat diantara celah kecil di batu tersebut. Taman Siti Nurbaya merupakan perpaduan antara ketinggian, lebatnya hutan dengan pemandangan laut. Di kala sore pemandangan dari ketinggian taman ini terlihat lebih indah

Selama di Taman Sitti Nurbaya traveller bisa berjalan-jalan dan melihat pemandangan kota Padang dari taman tersebut. Bagi yang mempunyai hobbi hiking, trek ke taman Siti Nurbaya ini merupakan salah satu pengalaman yang tidak boleh terlewatkan. Traveller bisa berjalan melalui jalan setapak, menaiki anak tangga dan menuju puncak bukit Taman Sitti Nurbaya. Di kaki bukit tersebut traveller juga bisa melihat beberapa meriam yang merupakan sisa peningalan pada masa penjajahan Belanda.

Selain Taman Sitti Nurbaya, sekitar 500 meter dari taman juga terdapat sebuah jembatan yang melintang di atas Batang Arau (di dekat pelabuhan Muaro) yang juga dinamakan sebagai Jembatan Sitti Nurbaya. Jembatan ini juga merupakan akses dari kota Padang Menuju Taman Sitti Nurbaya.

    https://www.andalastourism.com/jembatan-siti-nurbaya-padang

    Kawasan Siti Nurbaya