Home / Ibu Ibu Kelurahan Batang Arau Telah Ikuti Pemeriksaan Serviks Dengan Iva Test

Berita & Artikel - Berita 2020

Ibu Ibu Kelurahan Batang Arau Telah Ikuti Pemeriksaan Serviks Dengan Iva Test

Ibu Ibu Kelurahan Batang Arau Telah Ikuti Pemeriksaan Serviks Dengan Iva Test

Padang, Infopublik--TP PKK Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan berkolaborasi dengan Puskesmas Pemancungan menggelar Deteksi, Pemeriksaan Kanker Serviks dengan IVA ((Inspeksi Visual Asam Asetat) test untuk Pencegahan kesehatan rahim kaum ibu ibu, di kantor Lurah Batang Arau,Sabtu (6/3/2021)'

Kegiatan Pemeriksaan Kanker Serviks dengan IVA test tersebut dilakukan dokter Puskesmas pemancungan diikuti kaum ibu ibu sekitar 25 orang. Namun pemeriksaan itu masih berlangsung, sebut Ketua TP PKK Kelurahan Batang Arau Merry Rahmaleny, S.Tp.

Ibu ibu di lingkungnan kelurahan Batang Arau tampaknya mulai memahami terhadap pentingnya menjaga kewanitaan sebagai perempuan. Pemahaman tentang Deteksi, Pemeriksaan Kanker Serviks dengan IVA test tersebut berkat keterangan, pengtetahuan yang disampaikan Kepala Puskesmas Pemancungan Dokter Dewi Muarofah sehingga tanpa ragu ragu bisa diikutikaum ibu ibu.

Sedangkan Kepala Puskesmas Pemancungan Dokter Dewi Muarofah menyampaikan, Inspeksi visual dengan asam asetat, atau disebut juga dengan IVA, adalah salah satu pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk memastikan kanker serviks pada kaum ibu ibu.

Target di kelurahan Batang Arau sebanyak 100 kaum ibu-ibu untuk pemeriksaan Serviks dan bisa dilanjutkan dengan mendatngi Puskesmas Pemancungan.

Dari pemeriksaan yang dilakukan ada diantara ibu ibu yang keputihan, maka dialnjutkan ke Puskesmas. Pemeriksaan ini dapat memberikan dua hasil, positif atau negatif. Saat hasil pemeriksaan positif, orang tersebut diharuskan tes lanjutan, untuk menentukan seberapa kanker tersebut terjadi dan sejauh apa penyebarannya pada tubuh, ucap Dewi.

Alhamdulillah, kata Dewi dan meyenangkan terhadap pemahaman ibu ibu di lingkungan kelurahan Batang Arau. Mereka setelah bertanya, dengan berbagai pertayanan, setelah itu bergegas untuk pemeriksaan bersama tim medis yang disiapkan di kantor lurah Batang Arau.(Mcpadang/RA/Irwan Rais)

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0