Home / DP3AP2KB Kota Padang Gelar Pertemuan Penyusunan Buku Profil Gender dan Anak

Berita & Artikel - Berita 2022

DP3AP2KB Kota Padang Gelar Pertemuan Penyusunan Buku Profil Gender dan Anak

DP3AP2KB Kota Padang Gelar Pertemuan Penyusunan Buku Profil Gender dan Anak 

Padang---Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang Alfiadi membuka kegiatan pertemuan untuk penyusunan buku profil gender dan anak kota Padang tahun 2022 di aula kantor DP3AP2KB, Senin (31/10/2022).

Pertemuan digelar DP3AP2KB Kota Padang diikuti peserta 50 orang utusan dari SKPD di lingkungan Pemko Padang dan instansi vertikal terkait lainnya serta lembaga masyarakat. 

Kepala DP3AP2KB Kota Padang Alfiadi mengatakan maksud dan tujuan kegiatan pertemuan ini untuk menyamakan kesamaan pandangan atau sosialisasi dan pemahaman tentang data gender dan data terpilah.

Sejalan dengan itu menyamakan persepsi, betapa pentingnya data gender dan anak untuk menyusun profil gender guna pembangunan yang berkeadilan, ucap Kepala DP3AP2KB Kota Padang Alfiadi

Selanjutnya, sebut Alfiadi hasil yang diharapkan pada pertemuan tersebut, adanya kesamaan persepsi, pandangan serta pemahaman tentang data gender dan anak.

"Dengan data terpilah terciptanya sinergi dan sinkronisasi yang dituangkan dalam rencana aksi program dan kegiatan," harap Kepala DP3AP2KB Kota Padang Alfiadi.

Sedangkan Kabid Kualitas Hidup Perempuan Kualitas Keluarga, Data dan Informasi DP3AP2KB Kota Padang, Wirdanis mengatakan, Penyelenggaraan data gender dan anak bertujuan untuk meningkatkan komitmen Pemerintah Kota Padang dalam penggunaan data gender dan anak dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan, program dan kegiatan pembangunan daerah. Dan meningkatkan ketersediaan data gender dan anak.

Adapun dasar pelaksanaan kegiatan tersebut, Instruksi presiden nomor 9 tahun 2000 tentang pengarusutamaan gender dalam pembangunan nasional

Peraturan Mendagri nomor 15 tahun 2008 tentang pedoman pelaksanaan pengarusutamaan gender di daerah. Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan RI nomor 06 tahun 2009 tentang penyelenggaraan data gender dan anak

Pelaksanaannya di aula pertemuan DP3AP2KB Kota Padang. Peserta penyusunan buku profil gender dan anak berjumlah 50 orang.(**/Irwan Rais)

 

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0