Home / DP3AP2KB Kota Padang Gelar FGD Kota Layak Anak

Berita & Artikel - Berita 2020

DP3AP2KB Kota Padang Gelar FGD Kota Layak Anak

DP3AP2KB Kota Padang Gelar FGD Kota Layak Anak

 

 

Padang, - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang menggelar Focus Group Discussion (FGD) Kota Layak Anak di Aula Bagindo Aziz Chan, Balaikota Padang, Sumatra Barat, Jumat (6/11/2020).

FGD tersebut menitikberatkan dampak pandemi Covid-19 terhadap anak-anak di Kota Padang. Disinyalir pandemi Covid-19 mengakibatkan kasus-kasus anak melonjak di Kota Padang.

FGD ini mendatangkan tiga narasumber yakni dari Dinas Pendidikan Kota Padang, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Padang dan Peksos Perlindungan Anak Kemensos RI.

Salah satu narasumber, Rusmen dari Peksos Perlindungan Anak Kemensos RI mengatakan, munculnya permasalahan terhadap anak disebabkan sejumlah faktor. Di antaranya faktor keluarga, ekonomi dan teknologi.

“Menurut Unicef, Covid-19 telah membawa dampak panjang terhadap keselamatan, kesejahteraan dan masa depan anak-anak. Karena Covid-19 secara luas telah mengganggu kestabilan pendapatan keluarga,” ujar Rusmen.

Sehingga kondisi itu memicu timbulnya sejumlah kasus yang melibatkan anak. Antara lain kasus pencabulan, pemerkosaan eksploitasi ekonomi, eksploitasi seksual, KDRT, curanmor, narkoba dan kasus lainnya.

“Kasus ini terjadi karena terabainya hak dan perlindungan anak. Oleh karena itu, orang tua yang merupakan pihak yang bertanggung jawab atas anak harus segera mengambil tindakan pencegahan agar kasus yang melibatkan anak tidak terulang lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala DP3AP2KB Kota Padang Endrizal berharap dengan adanya FGD tersebut dapat dicarikan solusi secara bersama-sama dari permasalahan yang ada. Terutama dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak. Sehingga dampak pandemi Covid-19 terhadap anak bisa diminimalisasir. (MC Padang/June/Irwan Rais)

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0