Home / BI Sumbar Lepas Tim Ekspedisi 3T 2022

Berita & Artikel - Berita 2022

BI Sumbar Lepas Tim Ekspedisi 3T 2022

BI Sumbar Lepas Tim Ekspedisi 3T 2022

Padang, ---- Kantor Perwakilan wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Sumatera Barat (Sumbar) kembali melakukan kegiatan Kas Keliling 3T (terdepan, terpencil dan terluar) di wilayah KPwBI Sumbar, Senin (27/06/2022).

Kegiatan yang diberi nama Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 dilakukan langsung oleh Kepala KPwBI Sumatera Barat Wahyu Purnama dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa, Danlantamal Laksma TNI Endra Sulistiyono, Kepala OJK Yusri dan sejumlah pejabat Forkopimda Sumatera Barat.

Kepala KPwBI Sumbar Wahyu Purnama menjelaskan, kegiatan kas keliling ini merupakan kegiatan rutin BI yang bekerjasama dengan TNI AL.

"Untuk tahun ini kegiatan Kas Keliling akan menggunakan KRI Cakalang 852, dengan menurunkan 15 orang personil BI dan 30 orang prajurit TNI AL," ujar Wahyu.

Ia menjelaskan, Bank Indonesia sebagai Otoritas Moneter memiliki tujuan utama untuk menjaga stabilitas nilai tukar Rupiah. Stabilitas terhadap harga barang dan jasa serta stabilitas nilai tukar dibandingkan mata uang negara lain. Salah satu upaya untuk menjaga kestabilannya yaitu dengan pencetakan dan pengedaran uang Rupiah yang berkualitas baik dan layak edar sesuai dengan kebutuhan.

Wahyu juga mengaskan, sesuai UU no 7 tahun 2011 tentang mata uang, memberikan mandat kepada Bank Indonesia untuk melakukan pengelolaan uang Rupiah, meliputi perencanaan, pencetakan, pengeluaran, pengedaran, pencabutan dan penarikan serta pemusnahan uang rupiah. Dalam pengelolaan uang rupiah termasuk didalamnya pengedaran uang, Bank Indonesia mempunyai misi untuk menyediakan uang rupiah di seluruh wilayah NKRI.

"Rupiah bukan saja alat transaksi pembayaran, tetapi juga merupakan identitas dan alat pemersatu bangsa serta salah satu simbol kedaulatan bangsa. Jadi dengan kegiatan ini kita memastikan tidak ada lagi mata uang asing yang digunakan sebagai alat pembayaran di wilayah Indonesia," tegasnya.

Untuk kegiatan Kas Keliling kali ini, KPwBI Sumbar akan mendistribusikan uang sebanyak Rp 5,9 miliar, guna menggantikan uang dengan kondisinya tidak layak lagi yang masih beredar di tengah masyarakat.

Selain mendistribusikan uang, kegiatan juga akan diisi dengan edukasi bangga dan cinta Rupiah, serta pembagian paket sembako bagi warga di wilayah-wilayah yang dikunjungi.

Kegiatan Kas Keling KPwBI tahun ini akan mengunjungi pulau terluar di Kepulauan Mentawai yakni Pulau Pagai Utara, Pulau Pagai Selatan, Pulah Sipora, Siberut dan Siberut Selatan. (**RA/Irwan Rais)

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0