Home / 60 Wartawan Mengikuti UKW di Padang

Berita & Artikel - Berita 2022

60 Wartawan Mengikuti UKW di Padang

60 Wartawan Mengikuti UKW di Padang

Padang,--- Sebanyak 60 orang wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik di Sumatera Barat mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Hotel Mercure Padang, Jumat (04/03/2022).

Ke seluruh peserta UKW merupakan wartawan-wartawan yang telah memenuhi persyaratan administrasi serta lulus seleksi melalui pra UKW yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu secara daring.

Kegiatan UKW yang akan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 4 Maret sampai dengan 5 Maret 2022 tersebut difasilitasi oleh Dewan Pers dengan melibatkan dua lembaga uji yakni LPDS dan LPSR.

Anggota Dewan Pers Jamalul Insan saat membuka kegiatan meminta kepada para peserta agar menjadikan UKW sebagai ajang .memotret diri dan menambah ilmu.

Menurutnya, dengan semakin terbukanya informasi membuat banyak orang yang memanfaatkan media untuk kepentingan pribadi, yang tidak bisa dipertanggung jawabkan

"Jadi UKW ini adalah salah satu upaya Dewan Pers yang ingin agar seorang wartawan untuk membuktikan kompetensinya, yakni memberikan informasi yang layak untuk dikonsumsi oleh publik," tutur Jamalul.

Ia menambahkan, sebenarnya fungsi jurnalis itu sederhana, yakni menyediakan informasi yang dibutuhkan publik, sehingga publik bisa mengatur atau bisa memutuskan untuk diri sendiri.

Namun, lanjut Jamalul, walau sederhana namun tugas tersebut tidaklah mudah. Karena saat ini terlalu banyak media yang ditunggangi untuk kepentingan pribadi.

"Untuk itulah Dewan Pers memiliki dua tugas yakni melaksanakan UKW untuk wartawan, serta melakukan verivikasi terhadap media-media yang ada tujuannya adalah menjadikan media sehat, baik sehat secara konten (isi berita), maupun sehat secara finansial," ungkapnya. (MC Padang/RA).

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0