Walikota Padang Bertegas-tegas Menyangkut Pungli

  • 27 November 2017
  • David Septian
  • 65 Kali Dilihat
  • Walikota Padang Bertegas-tegas Menyangkut Pungli

    Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah dalam Rapat Analisis dan Evaluasi (Anev) Evaluasi Tim Satgas Saber Pungli Kota Padang di Ruang Abu Bakar Ja’ar, Balaikota, Senin (20/11/2017).

    PADANG.GO.ID -- Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah bertegas-tegas dalam menghapus segala bentuk pungutan liar (pungli) di kota yang ia pimpin. Ia berharap, Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) dapat secara intens melakukan gebrakan disertai pengawasan secara berkelanjutan. Hal ini disampaikannya dalam Rapat Analisis dan Evaluasi (Anev) Evaluasi Tim Satgas Saber Pungli Kota Padang di Ruang Abu Bakar Ja’ar, Balaikota, Senin (20/11/2017).

    Mahyeldi menjelaskan, fungsi Tim Satgas Saber Pungli Kota Padang sesuai tugas, pokok dan fungsi (tupoksinya) berperan memberantas terjadinya pungutan liar. Baik di lingkungan pemerintahan maupun publik / masyarakat.

    “Kita tidak ingin ada yang melanggar hukum dengan melakukan pungli. Maka itu para Satgas Saber Pungli mesti bertindak cepat dan tegas,” ujarnya dalam rapat yang diikuti Ketua Pelaksana Tim Satgas Saber Pungli Kota Padang AKBP Tommy Bambang Irawan, S.IK.MH dan Unsur Komunitas Intelijen Daerah (Kominda).

    Dikatakan Mahyeldi, di Kota Padang memiliki beberapa objek vital yang dapat berpotensi dijadikan sasaran pungli. Diantaranya pasar, lahan parkir dan objek wisata.

    “Ke depan kita akan membuat peraturan Daerah (Perda) tentang pungli. Karena sesuai Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016, Satgas Saber Pungli berfungsi membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungli. Diantaranya dapat melakukan operasi tangkap tangan atas praktik pungli,” tuturnya.

    Sementara itu Ketua Pelaksana Tim Satgas Saber Pungli Kota Padang AKBP Tommy Bambang Irawan, S.IK.MH menyebutkan, upaya yang pertama dilakukan Tim Satgas Saber Pungli Kota Padang adalah membuat Standar Operasional Prosedur (SOP).

    “Tim Saber Pungli baru terbentuk diawal 2017 lalu. Dan kita butuh beberapa usaha dan kinerja yang perlu ditingkatkan diantaranya menetapkan ketersediaan anggaran operasional dan pembentukan sekretariat,” ungkapnya.

    Ia menambahkan lagi, sejauh ini sudah ada beberapa kasus yang terindentifikasi dan ditindak lanjuti Tim Satgas Saber Pungli Kota Padang di beberapa instansi pemerintah.

    “Di samping itu kita juga sangat membutuhkan informasi dari pihak masyarakat, apabila menemukan indikasi pungli di mana saja di kota ini. Silahkan masyarakat laporkan kepada Tim Satgas saber Pungli atau pihak yang berwenang,” terangnya.

    Sekretaris Tim Saber Pungli Kota Padang Mursalim juga menyebut, rapat kali ini bertujan untuk mengevaluasi kinerja tim Saber Pungli Kota Padang sekaligus menyosialisasikan bahaya praktek pungli di lingkungan Pemerintah Kota Padang.

    “Ditahun 2018 kita sudah menyiapkan anggaran melalui APBD. Diharapkan semua Tim Satgas di masing-masing bidang dapat bekerja maksimal,” tukas Kepala Kesabangpol Kota Padang tesebut.(Mg / Dv / Nda)

    Admin :
    David Septian