Walikota Lepas Komunitas Peduli Sungai Susuri Batang Arau

  • 09 November 2017
  • David Septian
  • 43 Kali Dilihat
  • Walikota Lepas Komunitas Peduli Sungai Susuri Batang Arau

    Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah saat melepas Komunitas Peduli Sungai pada kegiatan menyusuri Batang Arau, Rabu (8/11/2017).

    PADANG.GO.ID -- Pemandangan berbeda terlihat di Sungai Batang Arau, selain bersih dari sampah, airnya juga jernih mengalir. Ini karena pemeliharaan yang rutin dilakukan Balai Wilayah Sungai (BWS) V Sumatera bersama warga di aliran sungai pada dua kelurahan, yaitu Kelurahan Seberang Padang dan Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan.

    Terlihat, sebanyak 50 perahu yang membawa anggota komunitas melayari Batang Arau. Sambil menyusuri sungai, kelompok ini terus berusaha mengambil sampah yang kebetulan hanyut. Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah menyebut kegiatan menyusuri sungai sebagai bentuk kepedulian warga yang tergabung dalam komunitas terhadap sungai Batang Arau juga untuk sungai lainnya di Kota Padang.

    "Pemeliharaan sungai Batang Arau ini disamping dari BWS V Sumatera juga partisipasi masyarakat," kata Mahyeldi saat melepas Komunitas Peduli Sungai pada kegiatan menyusuri Batang Arau, Rabu (8/11/2017).

    Sekarang sungai lebih bersih dan berair jernih, kata Mahyeldi, tinggal masyarakat meningkatkan kepedulian agar menjaga sungai tetap bersih. Mahyeldi mengapresiasi camat dan lurah setempat yang telah mengajak masyarakat membentuk Komunitas Peduli Sungai.

    Kepedulian warga terhadap kebersihan sungai yang dilakukan dengan kegiatan menyusuri sungai mendapat dukungan dari BWS V Sumatera, sejumlah perguruan tinggi. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) serta beberapa unsur lainnya.

    Kepala BWS V Sumatera, Haryadi juga hadir dan menyambut baik antusiasme warga yang turut menjaga sungai agar tetap bersih dan sesuai fungsinya. Camat Padang Selatan Fuji Astomi menyebut kegiatan menyusuri sungai Batang Arau merupakan kegiatan positif yang akan mendorong warga setempat ataupun yang datang lebih peduli.

    "Kehadiran Kelompok Peduli Sungai turut mengedukasi masyarakat, mengadvokasi serta memotivasi menjaga sungai," kata camat. Lurah Batang Arau Khairul juga salah satu lurah yang mendapat apresiasi dengan melahirkan inovasi menggali potensi wisata di wilayahnya.(Rel)

    Admin :
    David Septian