Upaya Mencipta Sekolah Sehat Dan Berpretasi

  • 20 Oktober 2017
  • Wan Rais
  • 61 Kali Dilihat
  • Upaya Mencipta Sekolah Sehat Dan Berpretasi

    Ketuan Tim I Penilai LSS Kota Padang Agustina, SH, Camat Padang Timur Ances Kurniawan dan Kepala SD Pertiwi 3 Deswati membaca buku di Gerobak Pintar SD Pertiwi 3 Kota Padang, Kamis (19/10) #Irwandi Rais

    Padang,..,Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah adalah upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, mengembangkannya,   membimbing untuk menghayati, menyenangi prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Sehubungan dengan itu, di Kota Padang sedang dimulai penilaian Lomba Sekolah Sehat (LSS), masing masing kecamatan mengutus 4 sekolah untuk mengikuti Lomba Sekolah Sehat, dan  11 sekretariat UKS di setiap kecamatan. Maka Tim penilai Lomba Sekolah Sehat mengunjungi 44 sekolah di kota tercinta ini. Sementara Tim Penilai I LSS yang diketuai Agustina, SH telah melakukan penilaian pada SD Pertiwi III, TK Budi Mulya, SMPN 8,    dan SMA Kartika. Pada penilaian  tersebut hadir Camat Padang Timur Ances Kurnia, Kamis (19/10).

    Agustina yang juga Kasubag Pendidikan dan Budaya Bagian Kesra Pemko Padang menyampaikan,   tujuan UKS  di sekolah untuk meningkatkan derajat kesehatan  para siswa siswi  dan lingkungan sekolah. Sebab sehat itu hal yang paling penting untuk segala aktivitas, termasuk untuk meningkatkan mutu pendidikan dan meraih prestasi dalam berbagai aspek. Makanya Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah disetiap sekolah diharapkan harus terencana, terarah dan terpadu. Semua itu upaya menciptakan seklolah sehat.

    Kini  beberapa sekolah, kata Agustina  ada  UKS berjalan dengan baik dan ada juga yang kurang dan jangan hanya  sekedar formalitas saja. Kedepan   agar  menjadi perhatian bersama  terhadap keberadaan UKS tersebut. Ini mengingat, UKS merupakan bagian penting dalam tatanan pendidikan yang difokuskan untuk peningkatan kesehatan anak didik di sekolah. Program ini terdiri dari tiga kegiatan utama yang disebut dengan Trias Usaha Kesehatan Sekolah meliputi aspek  pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, serta pembinaan lingkungan kehidupan sekolah yang sehat.

    Sedangkan Camat Padang Timur Ances Kurniawan mengatakan, berbangga hati didatangi Tim Penilai UKS tingkat Kota Padang, sebelumnya telah menseleksi sekolah yang akan dinilai, yakni TK Budi Mulya, SD Pertiwi 3, SMPN 8 dan SMA Kartika. Penilaian Lomba UKS ini  tiap tahun  dihadapi,  secara berjenjang.  Dan diharapkan bisa  terjadi perubahan prilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)  bagi para siswa-siswi. Dan sehat itu penting, sebab jika siswa siswi tidak sehat bagaimana bisa meraih prerstasi. Mendukung terciptanya peserta didik yang sehat, sekolah dapat merealisasikan dengan mengaktifkan program Usaha Kesehatan,  sehingga dapat memaksimalkan potensi dan prestasi anak untuk belajar.  Keempat sekolah yang dinilai  merupakan sekolah unggulan yang selalu  membudayakan hidup bersih dan sehat. Saat itu juga dihadir  Pembina UKS  Kecamatan Padang Timur.

    Kepala SD Pertiwi 3 Deswati M. Syarbini,SPd juga menyampaikan, jumlah murid saat ini 320 orang. Mereka siap bersaing dengan yang lainnya. Untuk aktivitas Marching Band, siswa siswi telah sering mennerima undangan dari pihak lain untuk memeriahkannya. Setelah itu seperti yang dilihat bersama, sekolah menyedikan gerobak pintar buku-buku bacaan untuk para murid. Gerobak pintar ini cara untuk mendekatkan bacaan kepada mereka. Dan ruang UKS telah tersedia dengan baik. # Irwandi Rais

     

    Teks Foto:

    Ketuan Tim I Penilai LSS Kota Padang Agustina, SH, Camat Padang Timur Ances Kurniawan dan Kepala SD Pertiwi 3 Deswati membaca buku di Gerobak Pintar SD Pertiwi 3 Kota Padang, Kamis (19/10)

     

     

     

     

    Admin :
    Wan Rais