Tidak Cuma Gerkasih, Nanggalo Juga Punya Forum Kasih

  • 24 Oktober 2017
  • David Septian
  • 32 Kali Dilihat
  • Tidak Cuma Gerkasih, Nanggalo Juga Punya Forum Kasih

    Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mencanangan Gerkasih di Kecamatan Nanggalo berlokasi di Kampung Lapai, Ahad (22/10/2017).

    PADANG.GO.ID -- Gerakan Kecamatan Bersih (Gerkasih) di Kecamatan Nanggalo tidak sekadar launching, tetapi diikuti dengan pembentukkan Forum Kecamatan Bersih atau Forum Kasih untuk merealisasikan gerakan tersebut. Forum yang dimotori unsur LPM dan pemuda ini dikukuhkan langsung oleh Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah bersamaan dengan pencanangan Gerkasih Nanggalo di Kampung Lapai, Ahad (22/10/2017).

    Walikota Mahyeldi menilai, pembentukan Forum Kasih Nanggalo ini merupakan bukti kesungguhan masyarakat untuk mewujudkan lingkungan bersih. "Forum Kasih menjadi pelopor dan penggerak untuk mewujudkan Nanggalo yang bersih dan semakin rancak," sebut Mahyeldi.

    Ia berharap, masyarakat menjadikan bersih sebagai budaya sehingga Padang identik dengan kebersihan sebagaimana randang yang melekat dengan Padang.

    "Supaya bersih jadi budaya dan melekat dengan sebutan orang Padang bersih. Seperti orang mengingat randang pasti ingat Padang," tukasnya.

    Pada kesempatan ini, Walikota juga menyerahkan duplikat piala Adipura untuk Kecamatan Nanggalo. Penghargaan yang diraih Kota Padang setelah delapan tahun absen didedikasikan kepada warga. Ini diharapkan menjadi motivasi yang mendorong warga meningkatkan kepedulian dalam menjaga kebersihan.

    "Piala Adipura yang diraih agar jadi pendorong bagi warga untuk lebih peduli kebersihan," tukasnya.

    Sementara itu, Camat Nanggalo Teddy Antonius mengungkapkan, Forum Kasih digagas bersama warga, melibatkan Forkopimka, LPM kelurahan sekecamatan Nanggalo dan unsur pemuda. Ini supaya masyarakat bersinergi dengan pemerintahan di kecamatan dalam menjaga kebersihan serta menciptakan lingkungan yang asri, bersih dan sehat.

    "Gerakan kebersihan supaya efektif harus ada penggeraknya. Dalam hal ini masyarakat harus diberdayakan. Pemberdayaan masyarakat untuk kebersihan itu diinisiasi melalui Forum Kasih ini," terang Teddy.

    Teddy menambahkan, dalam upaya memberdayakan masyarakat untuk kebersihan, Kecamatan Nanggalo akan mengadakan lomba taman sungai antar kelurahan, PKK, LPM dan Karang Taruna. Lokasinya berada di sepanjang sisi Batang Kuranji di Kecamatan Nanggalo.

    "Sepanjang sisi sungai di Nanggalo nantinya akan disulap menjadi taman terpanjang," ujarnya.

    Menurut Teddy, disamping menjadikan lingkungan sungai lebih hijau dan asri, keberadaan taman juga akan menumbuhkan kesadaran masyarakat menjaga kebersihan sungai. "Nantinya tidak ada lagi warga yang membuang sampah ke sungai," tukasnya.(DU/Joim)

    Admin :
    David Septian