Sambut Penas KTNA XVI, Pemko Padang Matangkan Persiapan Sejak Dini

  • 14 Desember 2017
  • David Septian
  • 136 Kali Dilihat
  • Sambut Penas KTNA XVI, Pemko Padang Matangkan Persiapan Sejak Dini

    Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait menggelar rapat persiapan Penas XVI di Ruang Abu Bakar Ja’ar Balaikota, Rabu, (13/12).

    PADANG.GO.ID -- Kota Padang, Sumatera Barat telah dipilih sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XVI pada tahun 2020 mendatang. Pemerintah Kota (Pemko) Padang pun mulai mematangkan kesiapan sejak jauh hari demi menyukseskan kegiatan skala nasional itu.

    Kali ini Rabu, (13/12), Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait menggelar rapat di Ruang Abu Bakar Ja’ar Balaikota. Turut hadir Kepala Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat, Candra disertai stakeholder lainnya.

    Rapat tersebut membahas sejumlah rangkaian agenda kegiatan. Antara lain terkait penentuan lokasi pelaksanaan serta kesiapan berbagai sarana prasarana pendukung.

    Menurut Walikota Mahyeldi, Penas Petani Nelayan ke-16 di 2020 nanti merupakan momen penting bagi kemajuan Kota Padang. Bagi Padang, menjadi tuan rumah Penas KTNA diharapkan memberikan banyak manfaat, terutama secara ekonomi. Itu dikarenakan akan bersatunya pemangku kepentingan, petani dan nelayan seluruh Indonesia, yang diyakini dapat membantu memberi daya dorong bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

    Sementara manfaat bagi petani dan nelayan sendiri secara garis besar, mempermudah akses petani dan nelayan untuk mendapatkan teknologi, jaminan pasar, kredit dan pemangku kepentingan. Selanjutnya Penas pun telah mampu meningkatkan ilmu dan pengetahuan sekaligus meningkatkan semangat petani dan nelayan dalam mewujudkan Indonesia yang swasembada pangan.

    "Petani dan nelayan merupakan penggerak utama dalam memajukan perekonomian. Melalui Penas nanti kita berharap, semoga petani kita di Padang semakin lebih baik dan lebih berkembang lagi," harap Mahyeldi.

    Ia melanjutkan, sebagai Ibukota Sumbar, Kota Padang memiliki sektor pendukung baik sarana mapun sarana prasarana dalam melaksanakan pelaksaan event skala nasional bahkan internasional.

    “Seperti halnya, untuk tempat penginapan bagi para tamu, jarak dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) yang begitu dekat serta sarana transportasi yang lancar,” ungkapnya.

    Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syaiful Bahri mengatakan, rapat ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada publik atau masyarakat bahwa Kota Padang selaku tuan rumah Penas KTNA XVI di 2020 mendatang.

    “Kita tentu harus mempersiapkan segala sesuatunya sejak jauh hari. Agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan sukses,” ungkapnya. (David)

    Admin :
    David Septian