SAIK 2017 di Palembang, Menteri PAN-RB Asman Abnur: Humas Harus Lebih Kreatif dan Inovatif

  • 27 November 2017
  • David Septian
  • 99 Kali Dilihat
  • SAIK 2017 di Palembang,  Menteri PAN-RB Asman Abnur: Humas Harus Lebih Kreatif dan Inovatif

    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur bersama Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah di sela pembukaan SAIK di Hotel Novotel, Rabu (22/11).

    PADANG.GO.ID -- Kegiatan berskala nasional Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi (SAIK) yang dilaksanakan di Palembang, Sumatera Selatan resmi digelar. Kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) selama 21-24 November ini, dibuka Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur di Hotel Novotel, Rabu (22/11).

    Asman Abnur dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan pengguna internet terbesar di dunia yang pada tahun 2017 sebesar 132,7 juta atau sekitar 51% dari jumlah penduduk yakni 262 juta jiwa.

    Dalam pengelolaan informasi publik, menurut Asman, humas pemerintah harus kreatif agar masyarakat menyukai karena era sekarang ini sudah masuk dunia digital.

    “Humas Pemerintah tidak bisa lagi terpaku dalam budaya manual, tetapi harus bertransformasi ke budaya digital sehingga butuh inovasi dan kreativitas. ASN harus mengedepankan profesionalisme dan pengetahuan,” ujar Asman.

    Pendekatan two way traffic komunikasi humas pemerintah, lanjut Asman, sehingga memudahkan untuk penyebaran informasi yang menggunakan berbagai perangkat teknologi saat ini.

    “Sebagaimana arahan Presiden bahwa humas pemerintah harus mampu tampil di depan dalam melakukan agenda setting di tengah derasnya arus informasi saat ini,” imbuhnya.

    Terdapat peningkatan signifikan, menurut MenPANRB, dalam penguatan reformasi birokrasi dari ASN untuk pusat, provinsi, dan daerah. Ia menambahkan bahwa ke depan yang diukur adalah outcome atau apa yang dihasilkan oleh ASN.

    “Perbaikan ASN mulai dilakukan dengan proses rekrutmen PNS di pusat dan 1 provinsi. Nilai yang diperoleh saat tes CPNS langsung dibuka saat hari tersebut,” tambahnya lagi.

    Dengan penyelenggara negara yang baik, lanjut Asman, akan menjadi perbaikan dalam proses pengembangan kapasitas ASN yang baik.

    “Mari kita ubah cara kerja ASN. Mudah-mudahan dengan demikian negara Indonesia akan menjadi lebih baik ke depan,” pungkas MenPANRB seraya membuka secara resmi agenda SAIK Tahun 2017 dengan tema ‘Mewujudkan Masyarakat Informasi di Era Digital’ tersebut.

    Turut hadir dalam acara pembukaan kali ini, Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Dirjen IKP Rosarita Niken Widiastuti, Deputi Hublem Kemensetneg Dadan Wildan, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah beserta Ketua TP-PKK Padang Ny Harneli Bahar, Wali Kota Palembang Harnojoyo, Bupati Kerom Celcius Watae, Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex, Asdep Humas dan Protokol Setkab Alfurkon Setiawan, Asdep Humas Kemensetneg Masrokhan, Direktur Kemitraan Komunikasi Dedet Surya Nandika, dan para pejabat/perwakilan humas kementerian / lembaga.(David / Wan / Rel)

    Admin :
    David Septian