Presiden Joko Widodo Akan Letakan Batu Pertama Pembangunan Terminal Nasional di Padang

  • 29 Januari 2018
  • Wan Rais
  • 132 Kali Dilihat
  • Presiden Joko Widodo Akan Letakan Batu Pertama Pembangunan Terminal Nasional di Padang

     

    Padang- Di Kota Padang akan dibangun  terminal  bertaraf nasional  seluas 4.500 meter di kawasan Anak Aie, Kecamatan Kota Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat. Presiden RI Joko Widodo akan lakukan peletakan batu pertama pembangunan terminal bertaraf nasional pada Jumat 9 Februari 2018.  

    Kehadiran Presiden dalam rangka puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018, sebut Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah ketika meninjau lokasi terminal di Anak Aia, Koto Tangah.

    Selain itu kata Wali Kota, pekerjaan tahap pertama akan menelan biaya sebesar Rp7,5 milyar. Sedang biaya keseluruhan pembiayaan pembangunan terminal Anak Aia menelan biaya keseluruhannya sekitar Rp79,5 milyar. Untuk tahun 2019 sisa dana sekitar Rp72 Milyar  akan  dimanfaatkan untuk pekerjaan berbagai fasilitas terminal sampai selesai. Dan direncanakan pula, pemakaian terminal diresmikan juga  Presiden RI Joko Widodo, ujar Walikota H. Mahyeldi, Selasa (23/1).

    Pembangunan terminal tentu sesuai dengan rencana dan gambar yang  dibuat sebelumnya,  tapi  ada pula gambar rencana terminal direvisi, yang tertata dengan baik  oleh Provinsi Sumbar. Kemudian jalan menuju terminal dipelebar, dengan lebar badan jalan 30 meter, dan gedung sekolah yang berada dekat terminal akan di pindahkan, tentu lokasinya tidak terlalu jauh dengan sebelumnya, sebut Wako H. Mahyeldi.

    "Kewenangan terminal tipe A  adalah kewenangan pemerintah pusat untuk membangun dan merancangnya berskala nasional. Tanah sudah dihibahkan seluas 2,7 Ha pada pemerintah," ujarnya.

    Setelah itu, Ditjen Perhubungan Darat juga menyatakan bersedia membangun pelabuhan Bungus dan Tras Padang serta terminal di Bukit Putus. Maka dari itu, Wali Kota mengimbau warga Kota Padang untuk dapat memberikan dukungan dan dorongan serta partisipasinya mensukseskan proses pembangunan terminal  sesuai dengan yang diharapkan bersama.

    Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Dedi Hanidal menyampaikan sesuai dengan wewenang pembangun terminal Tipe A berada pada pemerintah pusat. Pemerintah pusat yang mendanai seluruh pembangunan terminal di anak  aia, Kota Padang.

    "Menurut rencana pembangunan terminal Tipe A seluruh Indonesia disamakan bentuk dan modelnya.  Dan kelengkapan listrik nantinya tidak menggunakan listrik PLN,  tapi memanfaatkan  power sendiri, maka lampu di terminal tak akan pernah mati," ungkap Kadishub Dedi henidal. (Irwandi Rais/Vira)

     

     

    Admin :
    Wan Rais