Penguatan Lembaga Adat Se Kota Padang

  • 07 Februari 2018
  • Wan Rais
  • 365 Kali Dilihat
  • Penguatan Lembaga Adat Se Kota Padang

    PADANG--Kini karena  terjadinya penurunan nilai adat dan budaya Minangkabau akibat berbagai pengaruh negatif yang datang dari luar, termasuk imbas kemajuan teknologi informasi, serta berbagai hal lainnya,  maka Bagian Kesra Pemko Padang perlu  melakukan upaya penguatan lembaga adat dan pelestarian nilai budaya Minangkabau se Kota Padang. Kegiatan ini dikuti pengurus KAN, Bundo Kanduang, Mui, Rang mudo, IPSI dan sasaran Silek, PKK, GOW, Karang Taruna,Organisasi Baju Kurung Basiba dan lain sebagainya di masjid Agung Nurul Iman Padang, Rabu (7/2).

    Demikian disampaiakan Kabag Kesra Pemko Padang Jamilus, S,Ag kepada pers, Rabu (7/2).  Kota Padang sebagai ibukota Provinsi Sumatera-Barat memiliki misi mewujudkan Kota Padang menjadi kota pendidikan, Perdagangan, dan Pariwisata yang sejahtera, religius, serta berbudaya. Untuk itu butuh perhatian bersama dalam menjaga prilaku ana-anak dan generasi muda di kota tercinta ini, jangan sampai terlibat pada hal yang tak diinginkan bersama, seperti pergaulan bebas, tawuran, apalagi Narkoba yang menghancurkan masa depan mereka.

    Keberadaan Lembaga Adat di Kota Padang harus tetap terjaga, dipelihara hingga masa mendatang.”Indak Lkang Dek Paneh dan indak lapuak dek hujan. Maka Pemko Padang selalu memberikan perhatian yang besar terhadap kegiatan keagamaan, Adat, dan Budaya serta kesejahteraan masyarakat. Peranan Lembaga Adat amat dibutuhkan pula memberikan pemahaman tentang norma adat, agar mereka bisa menjauhi berbagai kegiatan yang merusak dirinya sendiri.

    Sedangkan Ketua Panitia Kegiatan Penguatan Lembaga Adat se Kota Padang Agustina, SH, MM menyebutkan, peserta kegiatan ini berjumlah 170 orang, dari utusan KAN, LKAAM, MUI, IPSI dan Sasaran Silek, PKK, GOW, Organisasi Salon Penganten, Majelis Taklim, Karang Taruna, dan lainnya. Kegiatan selama dua hari, Rabu dan Kamis (7-8/2) di aula masjid Agung Nurul Iman.

    Tujuannya, untu meningkatkan peran dan tugas lembaga adat sebagai pembina dan pelestarian  seni budaya dan adat Minangkabau yang berkualitas, profesional, kreatif,  dan inovatif,  sebagai motor pnggerak kemajuan hidup beradat dan berbudaya serta bermartabat di Kota Padang. Sasaran memberdayakan seluruh niniak mamak,  pemangku adat  serta generasi pewaris pemangku  fungsional adat bundo kanduang, cadiak pandai dan alim ulama di nagari se Kota Padang.# Irwan Rais/Ledy


     

    Admin :
    Wan Rais