Padang Maksimalkan Target Pengumpulan Pajak Tahun 2018

  • 25 Februari 2018
  • Wan Rais
  • 142 Kali Dilihat
  • Padang Maksimalkan Target Pengumpulan Pajak Tahun 2018

    Padang--Sepuluh juru sita dan  pemeriksa pajak telah melalui diklat dan dilatih, maka  diharapkan mampu meningkatkan  meraup pajak tahun 2018. Kinerja juru sita  akan memainkan perannya pada wajib pajak untuk membayar kewajibannya.  Juru sita akan langsung menyita tempat usaha, reklame atau bangunan bila pajak yang tertunggak telah memiliki periode melewati batas kewajibannya, ucap Kepala Badan Pendapatan Daerah Padang Adib Alfikri Jumat (23/2/2018).

    Hal ini dilakukan mengingat upaya sosialisasi melalui baliho dan jemput bola ke alamat sudah tidak efektif dilakukan dan wajib pajak masih menghindar. Dengan kata lain tidak lagi hanya memasang papan peringatan belum bayar pajak atau sudah, jika menunggak langsung sita dan masuk proses berikutnya. 

    Kinerja juru sita sebatas penyitaan yang kemudian diproses dengan melibatkan kepolisian serta kejaksaan.  Penerapan juru sita pada tahun ini telah diatur dalam Undang-Undang (UU) 19 tahun 2000 tentang penagihan pajak menggunakan surat paksa.

    Selain itu, Peraturan Pemerintah 135 tahun 2000 tentang Tata Cara Penyitaan dalam rangka penagihan pajak dengan surat paksa. Juru sita  menjadi langkah terakhir dalam menagih pajak, hal ini sekaligus untuk meningkatkan realisasi pajak, sebut Adib Alfikri. 

    Untuk sementara ini diperuntukkan penagihan Pajak Bumi Bangunan (PBB) Perkotaan dan Pedesaan, ada lima pokja yang bekerja 11 kecamatan di kota tercinta ini. Maka sekitar 200 petugas yang akan menagih pajak langsung ke alamat yang bersangkutan. Jika memang tidak efektif maka penyitaan akan dilakukan secara cepat.  Untuk mengamankan pajak tersebut selain dengan pihak berwajib, kami juga koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah yang lain.  Sebagai contoh penerapan stiker rumah makan terekomendasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, salah satu karakteristiknya telah melunasi pajaknya.  Maka berharap capaian pajak daerah Rp330 miliar tahun  2017 lalu, bisa lebih meningkat tahun 2018. #mc padang

     

    Teks Foto

    Adib Alfikri

    Kepala Badan Pendapatan Daerah Padang

     

     

    Admin :
    Wan Rais