KETUA KWARTIR NASIONAL PRAMUKA ADYAKSA DAULT

  • 29 Januari 2018
  • Wan Rais
  • 135 Kali Dilihat
  • KETUA KWARTIR NASIONAL PRAMUKA ADYAKSA DAULT

    Adyaksa Dault Ketua Kwartir Nasional Pramuka

    Padang Akan Lounching Didikan Subuh Berbasis Pramuka

     

     

     

     

    Padang,-Selama ini kegiatan didikan subuh yang dikuti para murid SD di dalam ruang masjid atau mushalla. Begitupun dengan kegiatan Kepramukaan dari dulu hingga kini sesuai dengan aturan sebagai ekstrakurikuler di lapangan. Sehubungan dengan itu di kota Padang dikolaborasikan antara kegiatan didikan subuh dengan kegiatan Pramuka, diberi nama Didikan Subuh Berbasis Pramuka dan akan dilounching di masjid Agung Nurul Iman Kota Padang, oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Dr. H. Adhyaksa Dault, SH. MS.i Jumat 2 Februari 2018.


    Hal ini disampaikan Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Padang, Drs H Tamrizal Datuk Gadang didampingi Wakil Ketua Suardi, SH, M.Hum yang juga Kadis Kominfo Kota Padang, Senin (29/1). Rangkaian kegiatan lounching Didikan Subuh Berbasis Pramuka menghadirkan sekitar 5 ribu murid SD se Kota Padang, melafazkan lantunan ayat suci Al-qur'an berupa Tahfiz diwakili 11 orang perwakilan dari 11 Kecamatan. Pembacaan Asmaul Husna dipimpin pula 11 orang perwakilan dari 11 kecamatan. Selanjutnya penampilan model didikan subuh berbasis pramuka.

     

    Setelah itu kata Datuk Gadang, penyerahan bendera pramuka dari Ketua Kwartir Nasional gerakan Parmuka kepada Ketua FKDT Kota Padang. Dilanjutkan dengan penyerahan bendera Pramuka dari Ketua Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera-Barat kepada ketua BKS Kota Padang. Terakhir penyerahan buku Juklak dan Juknis Didikan Subuh berbasis Pramuka oleh Walikota Padang H. Mahyeldi kepada Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adyaksa Dault dan kepada Ketua Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat. 


    Menurut Datuak Gadang, selama ini kegiatan didikan subuh selalu difokuskan di rumah ibadah, kedepan digabungkan dengan kegiatan kepramukaan di Lapangan. Ini upaya mengatsi kejenuhan dan warna baru. Didikan Subuh berbasis Pramuka dilaksanakan di luar masjid atau mushalla. Dulu in door kini outdoor. 
    Kegiatannnya memanfaatkan pola kegiatan Pramuka, tapi kontennya didikan subuh. Contohnya, pada kegiatan pramuka ada tepuk pramuka, tapi pada didikan subuh berbasis pramuka, menjadi tepuk tangan anak soleh dan seterusnya. Untuk awal didikan subuh berbasis pramuka ini dilaksanakan 1 kali dalam sebulan pada minggu terakhir (ke -4).


    Setelah itu, berjenjang satu kali dalam 3 setiap kelurahan. Satu kali dalam enam bulan tingkat kecamatan. Satu kali dalam satu tahun Jambore Didikan Subuh berbasis pramuka tingkat Kota Padang. Setelah itu 1 masjid perkecamatan di kota Padang untuk mencari percontohannya.-# Irwandi Rais

     

     

    Admin :
    Wan Rais