JURI LSS KOTA PADANG TELAH MENILAI 16 SEKOLAH

  • 23 Oktober 2017
  • Wan Rais
  • 86 Kali Dilihat
  • JURI LSS KOTA PADANG TELAH MENILAI 16 SEKOLAH

    Manfaatkan UKS Setiap Hari Dengan Baik

     

     

     

     

    Padang—Sehat itu mahal dan tak ternilai, maka semua warga,termasuk peserta didik harus membiasakan hidup sehat dan mesti pula selalu meningkatkan derajat kesehatannya. Maka para majelis guru dan siswa-siswi  perlu menanamkan prinsip Pola Hidup Sehat (PHBS) di sekolahnya. Berdasrakan hal tersebut Tim Juri I  Lomba Sekolah Sehat (LSS) Kota Padang Jamilus, S.Ag meninjau dan menilihat Sekretarit UKS Kecamatan Padang Barat, SMAN 2 Padang, SD Percontohan, SMPN 2 dan TK Adyaksa, Jumat (20/10.)

    Sejalan dengan itu Tim juri II LSS yang di ketuai Emrizal dari Dinas Lingkungan Hidup meninjau dan menilai sekolah diwilayah Kecamatan Padang Utara SMAN 3, SMP UNP, SD Pembangunan UNP, dan Tk Bhayangkari 3.  Dari kunjungan dan pertemuan dengan pihak sekolah serta siswa-siswi, Dwita Warsani juri Bidang Kesehatan memberikan masukan, bagaimana sekolah memanfaatkan UKS bersama siswa sesuai dengan fungsinya. File catatan jenis penyakit harus disimpan dengan rapi serta dirakap, penyakit apa saja yang banyak dilayanani atau dibantu. Kerapian dan semua catatan harus rapi, sehingga  bisa dievaluasi, termasuk obat-obatan yang digunakan. Dan kondisi ruang UKS harus selalu bersih, tidak bisa tidak.

    Begitu juga keberadaan kantin, tempat jajanan para siswa-siswi, para guru harus pula memperhatikan, mulai dari tempat masak, hingga makanan disajikan kepada warga sekolah. Tentukan bahwa semua makanan jajanan para siswa bersih, pesan  Dwita Warsani.

    Juri Bidang Keagamaan Drs.Syafwan Diran yang juga penceramah Kondang Minang menyampaikan, tempat beruduk harus bersih. Kemudian  manfaatkan sarana ibadah yang di lingkungan sekolah dengan baik.  Kalau bisa secara bergiliran tampilkan siswa-siwi memberikan kultum, ini salah satu upaya mendidik mereka dibidang agama Islam.  Setelah itu hiasi ruang ibadah itu, mulai dari jadwal Sholat, dan bacaan lain yang sekira menambah keindahan mushala/masjid.

    Sedangkan tim juri II yang diketuai  Emrizal dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang menampaikan, lingkungan sekolah harus selalu bersih, hal ini rasanya tak bisa ditawar-tawar lagi. Alasannya sederhana saja, setiap orang yang datang ke sekolah matanya selalu tertuju pada kebersihan limgkungnannya. Dan kebersihan itu pangkal kesehatan, sebahagian dari iman, serta erat sekali hubungannya dengan kesehatan warga sekolah. Setelah itu tanaman  sekaligus sebagai penghijauan harus pula ditata dengan rapi dan rawat dengan penuh kecintaan, sehingga tumbuh dengan subur. Maka semua tanaman tersebut bisa pula menambah keindahan lingkungan sekolahnya. Hal ini akan memberikan  nuansa menambah konsentrasi para siswa-siswi konsentrasi mengikuti proses pembejaran yang disuguhkan para guru setiap hari.

    Tim Juri I Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Kota Padang, Ketua Jamilus Kabag Kesra Pemko Padang, Bidang Sekretariat. Agustina, SH,MM Kasubag Pendidikan dan Budaya Kesra Bidang Sekretariat. Yuslvira, SH, MM staf Kesra Bidang Sekretariat. Dwita Warsani dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang Bidang Kesehatan. Indrayedi Bakri,SP.d.MT dari Dinas Pendidikan Bidang Pendidikan. Drs.Syafwan Diran, Mubaligh Bidang Keagamaan. Irwandi Rais Jurnalis (Pers) Bidang Lingkungan Sekolah.

    Tim juri II, Ketua  Emrizal dari Dinas Lingkungan Hidup Bidang Lingkungan Sekolah. Nurul Maulidia Syam, SPd,MM  Bidang Pendidikan. Zurmayeni, SKM Bidang Kesehatan. Huryazi Zaira, A.MD.Kom  Bidang Sekretariat.  Mursal Bidang Sekretariat. Afri Moni Bidang Agama. Gustir Bidang Sekretaiat. # Irwandi Rais

     

     

     

    Admin :
    Wan Rais