Gunung Padang Objek Wisata Menantang

  • 29 Januari 2018
  • Wan Rais
  • 64 Kali Dilihat
  • Gunung Padang Objek Wisata Menantang

    Gunung Padang hampir semua warga kota ini mengenalnya, berada di seberang selatan dari muara Sungai Batang Arau. Termasuk dalam wilayah Kecamatan Padang Selatan. Bukit kecil berdiri  dengan ketinggian puncaknya sekitar 80 meter di atas permukaan laut. Gunung Padang menyimpan kombinasi antara panorama yang indah, legenda cinta, dan sepenggal sejarah masa pendudukan Jepang, kini diperindah dengan tulisan/Letter “Padang Kota tercinta.”

     Dari puncak gunung Padang itu, mata bebas memandang seluruh arah. Indah dan memanjakan pandangan ke lautan  yang membentang luas. Mata kian merasa nyaman, kesegeran pikiran menyelinap menatap kemurnian pesona yang indah. Untuk menuju ke  kawasan wisata Gunung Padang ini  bisa melalui Jembatan Siti Nurbaya tak seberajauh lagi sampai di pintu gerbang kawasan wisata Gunung Padang.

     Dari gerbang itu menelusuri  dan berjalan menanjak hingga ke puncak,  sekitar  15- 30 menit perjalanan. Di sisi kiri jalan, beberapa kali akan kita temukan sisa bunker peninggalan masa pendudukan Jepang. Pada sisi kanan menjelang puncak, akan  menemukan sebuah celah batu dengan tangga menurun. Menurut informasi, lorong itu  adalah lokasi makam  Siti Nurbaya, tokoh utama dari sebuah kisah legendaris Minangkabau. Siti Nurbaya dikenal sebagai sebuah karakter fiktif dalam roman klasik 'Siti Nurbaya: Kasiah Tak Sampai' karya pujangga Marah Rusli. Roman yang kental dengan nuansa budaya Minangkabau ini menceritakan kisah cinta Siti Nurbaya dan Samsul Bahri yang diputuskan oleh takdir. Dan seterusnya. # Irwan Rais

    Admin :
    Wan Rais