Dubes New Zealand Bantu Retrofit Sebuah SD di Padang

  • 09 Februari 2018
  • David Septian
  • 49 Kali Dilihat
  • Dubes New Zealand Bantu Retrofit Sebuah SD di Padang

    Dubes New Zealand (Selandia Baru) untuk Indonesia DR. Trevor Matheson mengunjungi SDN 42 Korong Gadang, Kecamatan Kuranji, Kamis (8/2/2018) siang.

    PADANG.GO.ID -- Dalam lawatannya ke Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Duta Besar (Dubes) New Zealand (Selandia Baru) untuk Indonesia DR. Trevor Matheson menyempatkan mengunjungi SDN 42 Korong Gadang, Kecamatan Kuranji, Kamis (8/2/2018) siang.

    Kunjungan tersebut dalam rangka melakukan peninjauan bagi gedung SD yang telah diretrofit, yakni perbaikan, pembaharuan dan penguatan bangunan menjadi lebih kuat itu. Hal ini merupakan bentuk pendampingan dari kerjasama yang dibangun antara New Zealand-Indonesia.

    Trevor dalam kesempatan itu menyampaikan, Kedubes New Zealand untuk Indonesia sangat mendukung upaya terhadap pencegahan dan kesiapsiagan bencana di seluruh wilayah terutama yang berada di kategori rawan bencana di Indonesia. Salah satunya dengan memberikan pendampingan bagi masyarakat dalam membangun rumah serta bangunan sekolah dan lainnya.

    “Sehingga setiap apa saja bangunan yang didirikan memang benar dan tentunya memiliki ketahanan dari bencana seperti gempa bumi,” sebutnya sambil menyapa murid sekolah.

    Menurut dia, hal ini mesti dilakukan supaya sewaktu terjadi gempa bangunan itu tidak mudah rusak atau langsung ambruk. Dan untuk ini Kedubes New Zealand sudah mendukungnya bagi Indonesia dengan upaya pendampingan retrofit.

    “Untuk itu saya sangat menyambut upaya pembuatan sekolah siaga bencana di Kota Padang ini. Yang diketahui selaku daerah memiliki tingkat kerawanan bencana yang cukup tinggi,” katanya.

    Lebih lanjut Trover menyebutkan, antara New Zealand dan Indonesia memang sudah lama melakukan kerjasama terkait ‘dissaster management’ penanggulangan bencana. Fokusnya menjadikan masyarakat dan warga sekolah dalam mitigasi bencana.

    “Jadi yang dilakukan di SDN 42 Korong Gadang ini merupakan upaya retrofit untuk melakukan peningkatan ketahanan bangunan. Sehingga sewaktu dibangun dan setelah diretrofit akan tampak memiliki perbedaan dari awalnya lemah akan menjadi kuat. Kita berharap, semua sekolah seperti begini dalam mendirikan bangunan,” harapnya melalui penerjemahnya Mediatrich Triani itu.

    Kepala Sekolah SDN 42 Korong Gadang Dasmawati dalam kesempatan itu mengaku bersyukur dan berterima kasih atas adanya kunjungan Dubes New Zealand bersama tim yang menurutnya sangat luar biasa itu.

    “Alhamdulillah, sekolah kita dikunjungi Kedubes New Zealand. Kami berterima kasih sekali karena kunjungan ini sangat bermanfaat terutama memberikan bantuan upaya mitigasi bencana bagi sekolah,” ungkapnya. Dalam kesempatan itu juga hadir Kepala BPBD Kota Padang Edi Hasymi, Kepala Dinas Pendidikan Barlius serta lainnya.(David)

    Admin :
    David Septian