Disnakerin Padang Bina 24 Sentra Kerajinan

  • 06 Maret 2018
  • Wan Rais
  • 255 Kali Dilihat
  •   Disnakerin Padang Bina 24 Sentra Kerajinan

         Padang, - Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang,  hingga 2017 telah membina sebanyak 24 sentra kerajinan dan makanan.     Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Padang, Desemberius, Senin (5/3) mengatakan kegiatan pembinaan perlu dilakukan karena keterbatasan SDM tenaga kerja dalam pengolahan produk industri.

         Hal itu, juga diikuti dengan keterbatasan dalam pemakaian teknologi dalam proses pembuatan produk olahan industri yang disebabkan kurangnya pengetahuan tentang cara pengolahan produk yang baik. "Serta kurang terampilnya pelaku usaha industri dalam membuat inovasi suatu produk," katanya.

         Ia mengatakan, pembinaan dilakukan terhadap industri yang tersebar dalam 11 kecamatan di Kota tercinta ini. Bentuk pembinaan diantaranya adalah pemberian motivasi usaha bagi Industri Kecil Menengah (IKM) pemula dibawah dua tahun, pelatihan perencanaan bisnis, pemberian bantuan sarana dan prasarana produksi. "Juga pelatihan keterampilan dalam rangka meningkatkan kemampuan teknis pelaku usaha dan hal lainnya," sebut Desemberius.

         Ia berharap dengan pembinaan-pembinaan yang telah dilakukan dapat meningkatkan dan berkembangnya industri di Kota Padang yang mandiri dan profesional. Industri yang telah dilakukan pembinaan tersebut adalah Sentra Peci Baringin Jaya, Sentra Menjahit Bangau Jaya, Sentra Bata Ringan Pandawa, Sentra Sulaman Benang Emas, Sentra Makanan Rompi dan lainnya.

         Selain itu, dibidang industri, sebutnya, telah menghasilkan sebanyak 2.200 wirausahawan baru. "Dengan berkembangnya industri, tentu akan membuka kesempatan kerja yang lebih luas lagi," ujarnya.#mcPadang/Tara

     

     

     

     

     

     

    Admin :
    Wan Rais