Datangnya Gerhana Bulan, Mahyeldi: ini Bukti Kebesaran Allah Yang Patut Disyukuri

  • 01 Februari 2018
  • David Septian
  • 269 Kali Dilihat
  • Datangnya Gerhana Bulan, Mahyeldi: ini Bukti Kebesaran Allah Yang Patut Disyukuri

    Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo sewaktu memberikan sambutan usai pelaksanaan salat sunat gerhana di Masjid Agung Nurul Iman, Rabu (31/1) malam.

    PADANG.GO.ID -- Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo mengatakan, umat Islam patut bersyukur atas kedatangan gerhana bulan total. Karena merupakan salah satu fenomena langka yang terjadi di bumi.

    “Mari kita bersuyukur kepada Allah, dan juga meningkatkan ukuwah,” ucap Mahyeldi sewaktu memberikan sambutan usai pelaksanaan salat sunat gerhana di Masjid Agung Nurul Iman, Rabu (31/1) malam.

    Disebutkan Wako, berdasarkan kajian syar'i, fenomena gerhana merupakan bukti keagungan dan kebesaran Allah SWT. Sehingga jika terjadi gerhana disunahkan umat Islam untuk melaksanakan salat Gerhana. Kemudian memperbanyak istighfar, berzikir dan sedekah.

    “Menurut data astronomi, Rabu (31/1) bertepatan dengan tanggal 14 Jumadil Awal 1439 H hampir di seluruh wilayah Indonesia akan terjadi gerhana bulan total. Gerhana membuktikan bahwa bumi ini ada yang mengatur,” ucap Mahyeldi.

    Disampaikan Mahyeldi lagi, ia mengharapkan jangan sampai fenomena terjadinya gerhana malah merusak akidah, akibat bermacam-macam pemahaman yang keliru.

    “Kita harus menyampaikan kepada generasi muda mengenai fenomena ini dan apa yang akan harus dilakukan semestinya,” jelas Wako.

    Penciptaan langit bumi, siang dan malam merupakan tanda kekuasaan Allah. Sebagai manusia hal ini sepatutnya dijadikan sebagai cara untuk meluruskan akidah keimanan, ibadah, dan sikap.

    “Dengan kita melaksanakan salat gerhana bulan kali ini meluruskan anggapan dan pemahaman yang tidak tepat. Sehingga memberitahukan beginilah cara pelaksanaan salat gerhana. Dan ini yang harus kita amalkan. Untuk itu mudah-mudahan kita selalu memahami kejadian-kejadian di muka bumi ini. Semoga Allah Swt menunjuki jalan yang lurus dan memberikan keselamatan dunia akhirat,” harapnya.

    Dalam pelaksanaan salat sunat Gerhana tersebut yakni sebanyak dua rakaat sesuai tata cara pelaksanaannya yang dilaksanakan ba'da salat maghrib. Kemudian dilanjutkan pemberian tausiah oleh Buya Mas'oed Abidin, lalu salat isya berjamaah dan sambutan dari Walikota Padang. Ratusan jamaah, ASN serta jamaah dari luar Sumbar juga tampak mengikutinya. (David)

    Admin :
    David Septian