Blitar Kagumi Kerukunan Umat Beragama di Padang

  • 30 Oktober 2017
  • David Septian
  • 25 Kali Dilihat
  • Blitar Kagumi Kerukunan Umat Beragama di Padang

    Kapolresta Padang menyerahkan cenderamata kepada Bupati Blitar, Rijanto usai temuramah antara Pemkab dan FKUB Blitar bersama Unsur Forkopimda Padang di Grand Inna Padang Hotel, Rabu (25/10)

    PADANG.GO.ID -- Kerukunan Umat Beragama di Padang selama ini ternyata terdengar hingga ke sejumlah daerah di Indonesia. Buktinya, Pemerintah Kabupaten Blitar mesti terbang ke Padang untuk menyigi kiat yang dilakukan. Rombongan Pemkab Blitar pun tiba di Padang, Rabu (25/10).

    Pemkab Blitar datang ke Padang memboyong Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) setempat. Kedatangan rombongan ini disambut Walikota Padang yang diwakili Kapolresta Padang Kombes Chairul Aziz, di Grand Inna Padang Hotel.

    "Kami datang ke sini (Padang) ingin mengetahui bagaimana upaya Pemko Padang dalam menjaga kerukunan umat beragama," kata Bupati Blitar, Rijanto.

    Rijanto juga mengatakan bahwa selama ini kerukunan umat beragama di Blitar berjalan dengan sangat baik. Masing-masing pemeluk agama bisa hidup berdampingan dengan rukun dan damai. Bila umat Islam merayakan Idul fitri, umat kritsen yang melakukan pengamanan. Demikian juga ketika umat Kristen merayakan Natal atau ada kebaktian di Gereja, Banser NU yang mengamankan di luar.

    "Demikian juga dengan pada saat agama Hindu merayakan Nyepi. Kami berharap hal ini tetap langgeng sesuai dengan semboyan kita bersama 'NKRI Harga Mati," sebutnya.

    Rijanto mengucapkan terimakasih kepada Pemko Padang yang telah berkenan menerima kedatangan rombongan dari Blitar. Menurutnya, penyambutan yang cukup baik tersebut merupakan suatu kehormatan. Selain itu, Rijanto menuturkan bahwa kegiatan kunjungan ke daerah-daerah dilaksanakan setiap tahun. Bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan Dewan Penasehat dan Pengurus FKUB Kabupaten Blitar tentang NKRI dan Bhineka Tunggal Ika dari Miangas hingga Pulau Rote, dari Sabang sampai ke Merauke.

    Sementara, Kapolresta Padang Kombes Chairul Aziz menyebut, terkait FKUB, di Padang tidak ada permasalahan yang berat. Semuanya dapat diselesaikan dengan baik oleh FKUB.

    "Sehingga kini situasi Kota Padang dan sekitarnya berjalan cukup kondusif," terangnya.

    Dalam pertemuan itu, Pemkab Blitar juga membawa Ketua FKUB Kabupaten Blitar, Dandim 0808 Blitar, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Badan Kesbangpol, Kepala Dinas Kebersihan, Kepala Dinas PUPR, Kasatpol PP, Kepala Dinas Penamaman Modal, Kepala Dinas Kependudukan, Kepala Dinas Pendidikan, Kadis Perhubungan, Kabag Hukum, Kabag Kesra, Ketua FKDM Kabupaten Blitar, Ketua LDII, Ketua Muslimat NU, Ketua MUI, Ketua Bamak (pemuka agama Kristen), pemuka agama Hindu Kabupaten Blitar, dan pemuka agama Budha Kabupaten Blitar. Sedangkan dari Kota Padang nampak hadir diantaranya Dandim 0312 Padang Letkol Erizal Satria, Kakan Kemenag Kota Padang Japeri, Kakan Kesbangpol Mursalim, Kabag Humas Imral Fauzi, Ketua FKUB Kota Padang Ahmad Syarifuddin beserta pengurus FKUB, dan Ketua LKAAM Kota Padang.(Humas)

    Admin :
    David Septian