Aparatur Kelurahan di Padang Tingkatkan Disiplin dan Wawasan Kebangsaan

  • 06 November 2017
  • David Septian
  • 57 Kali Dilihat
  • Aparatur Kelurahan di Padang Tingkatkan Disiplin dan Wawasan Kebangsaan

    Sekda Kota Padang Asnel memberikan arahan saat membuka Bimtek Peningkatan Disiplin, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara di lingkungan Pemko Padang di Aula Tahura Bung Hatta, Senin (6/11/2017).

    PADANG.GO.ID -- Pancasila dan Undang-undang Dasar (UUD) 1945 sangat penting dan wajib diamalkan bagi setiap warga negara di negara ini. Sebagaimana wawasan dan pengetahuan terhadap nilai-nilainya perlu ditanamkan sebagai bentuk kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

    Menyikapi itu, Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Badan Kepegawaian dan Perkembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Disiplin, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara. Kegiatan ini diikuti para lurah, sekretaris lurah (seklur) dan pejabat struktural di lingkungan Pemko Padang.

    Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Asnel mengharapkan, melalui Bimtek tersebut semakin meningkatkan pola pikir, sikap dan perilaku Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Padang. Sehingga terbentuknya pribadi yang disiplin, kecintaan yang besar terhadap tanah air, rasa berbangsa dan bernegara serta menghayati dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945 selaku dasar negara Republik Indonesia.

    “Semoga melalui Bimtek ini dapat mewujudkan upaya itu semua,” ungkap Sekda sewaktu membuka kegiatan yang dilangsungkan di Aula Taman Hutan Raya (Tahura) Bung Hatta Ladang Padi, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Senin (06/11).

    Asnel menambahkan, Bimtek ini penting dilakukan sebagai salah satu cara dalam memperkuat esensi kebangsaan di lingkungan ASN. Sebagaimana selaku ASN harus mengerti dan paham akan esensi untuk senantiasa berjuang membangun kehidupan berbangsa dan bernegara yang demokratis, menegakkan hukum dan membangun ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat.

    “Kita semuanya sebagai ASN harus mengerti dan paham akan esensi tersebut. Sehingga esensi ini juga disampaikan ke tengah-tengah masyarakat demi menumbuhkembangkan semangat nasionalisme. Untuk itu, semoga Bimtek ini menjadi cikal bakal bagi kita semua dalam menjaga NKRI sebagai wujud kecintaan kepada bangsa dan negara yang kita cintai ini. Sehingga ke depan apapun tantangan yang terjadi pada bangsa ini bisa kita atasi secara bersama-sama di samping meningkatkan kedisiplinan dan pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

    Sementara Kepala BKPSDM Habibul Fuadi menyebutkan, Bimtek tersebut memiliki beberapa tujuan. Diantaranya meningkatkan wawasan dan pengetahuan ASN di lingkup Pemko Padang terhadap nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Selanjutnya meningkatkan disiplin dan semangat bela negara, pola pikir, sikap dan perilaku ASN khususnya di tingkat kelurahan dan kecamatan.

    “Sebagaimana nantinya diharapkan terbentuknya kesepakatan bersama bagi aparatur kelurahan dan kecamatan untuk senantiasa mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 disertai kedisiplinan dalam menjalankan tugas,” jelasnya.

    Seperti diketahui, Bimtek tersebut dilaksanakan sebanyak tiga angkatan dengan jumlah peserta 40 orang per-angkatan yang terdiri dari lurah, seklur dan pejabat struktural di lingkungan kecamatan se-Kota Padang. Kegiatan ini dilangsungkan mulai 6-15 November.(Nda / Fsl / Mg / D)

    Admin :
    David Septian